SOLOPOS.COM - Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy. (Solopos.com-Humas Polda Jateng)

Solopos.com, SEMARANG–Polda Jateng mengimbau masyarakat untuk tidak membakar mercon saat merayakan Tahun Baru 2023.

Namun, memperbolehkan masyarakat menggunakan kembang api atau bunga api saat merayakan event tutup tahun 2022 dengan sejumlah persyaratan.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy, mengatakan pelarangan mercon karena berbahaya atau bisa mengancam nyawa.

Selain itu, petasan dinilai mengganggu lingkungan dan ketenangan warga masyarakat.

“Meledakkan atau membakar petasan tidak diizinkan. Hal ini diatur dalam Undang-undang Darurat Tahun 1951 serta sejumlah aturan lainnya,” kata Iqbal dalam keterangan tertulis, Senin (26/12/2022).

Baca Juga: Tak Dilarang, Pesta Kembang Api saat Malam Tahun Baru di Pekalongan

Iqbal menyoroti banyaknya korban berjatuhan akibat petasan, baik itu anak-anak maupun dewasa. Bahkan, ada rumah yang ludes gara-gara ledakan mercon.

“Maka mercon dilarang karena dampaknya yang berbahaya,” papar dia.

Kendati diimbau tidak membakar mercon, Iqbal menyebut masyarakat diperbolehkan menggunakan kembang api atau bunga api saat merayakan malam tahun baru. Namun, dengan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi.

“Penggunaan kembang api dalam skala besar harus ada izin. Perusahaan atau kelompok masyarakat yang ingin menyalakan kembang api saat malam tahun baru, silakan mengurus perizinannya. Untuk informasi lengkap silakan hubungi satuan intelkam di polres terdekat,” jelas dia.

Lebih lanjut, Polda Jateng dan jajaran akan all out mengamankan perayaan malam tahun baru.

Baca Juga: Rayakan Malam Tahun Baru, Ini Pesan Gubernur Ganjar ke Warga Jateng

Polisi akan memantau setiap kegiatan masyarakat, menjaga dan patroli untuk menjaga kenyamanan warga pada malam tahun baru

“Sudah disiapkan pos-pos pengamanan Nataru. Namun khusus tahun baru nanti, dipastikan seluruh personel Polri Polda Jateng akan diterjunkan ke lapangan,” jelas dia.

Iqbal mengimbau masyarakat bersikap bijak serta mempertimbangkan banyak faktor sebelum keluar rumah untuk merayakan malam pergantian tahun.

Termasuk, menghindari arak-arakan yang dapat merugikan pengguna jalan maupun pengendara lain.

Baca Juga: Jos, Semarang Zoo bakal Tambah Koleksi Satwa Baru pada 2023

“Apalagi saat ini sering turun hujan. Tolong diperhatikan faktor kesehatan serta keselamatan sebelum bepergian. Lebih baik malam tahun baru diisi dengan kegiatan positif seperti mengisi quality time bersama keluarga atau kegiatan lain yang bermanfaat,” jelas dia.

Secara pribadi, Iqbal mengapresiasi agamawan yang mengadakan kegiatan keagamaan seperti pengajian maupun berdoa bersama di tempat ibadah.

Pasalnya, datangnya tahun baru adalah momen yang harus disyukuri. “Untuk itu mengisi malam tahun baru dengan kegiatan-kegiatan rohani adalah hal yang patut diapresiasi,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya