SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat menghadiri ground breaking pabrik PT Samator di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jumat (17/3/2023). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, BATANG Pemkab Batang mencatat realisasi investasi triwulan I di tahun 2023 mencapai Rp1,24 triliun. Dengan catatan tersebut, nilai investasi yang digapai Pemkab Batang menempati posisi teratas ketiga di Jateng.

Pencapaian realisasi investasi triwulan I 2023 yang mencapai Rp1,24 triliun jauh lebih tinggi dibandingkan pada triwulan yang sama di tahun sebelumnya. Realisasi investasi triwulan I di Batang pada 2022 senilai Rp100 miliar.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Di level Jateng, pencapaian yang diperoleh Batang hanya kalah dari Kota Semarang (Rp2,1 triliun) dan Kabupaten Demak (Rp1,29 triliun). Berbekal potensi yang dimiliki, yakni adanya kawasan Industri Terpadu Batang dan Batang Industri Park, nilai investasi di Batang diprediksi akan terus mengalami kenaikan ke depannya.

Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTS) Kabupaten Batang, Wahyu Budi Santoso, mengatakan nilai investasi Rp1,24 triliun diperoleh dari 79 proyek yang masuk dan berinvestasi di Batang. Jumlah itu terdiri atas 35 perusahaan penanam modal asing (PMA) dan 44 perusahaan penanam modal dalam negeri (PMDN).

Dari 79 proyek itu, ada beberapa perusahaan yang melakukan investasi di dua lokasi kawasan industri, yaitu di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) dan Batang Industrial Park (BIP).

“Realisasi nilai investasi di daerah ini [Batang] diperkirakan akan naik lagi pada tahun mendatang,” katanya seperti dikutip dari Antara, Kamis (11/5/2023).

Kepala Bidang (Kabid) Penanaman DPMPTS Batang, Sri Cahyaningrum, menambahkan beberapa perusahaan PMA dan PMDN tersebut, seperti PT KCC Glass Indonesia (bergerak pada produksi kaca) berinvestasi senilai Rp365,63 miliar.

Selanjutnya, PT United Cun yang bergerak pembuatan kemasan kaleng dengan nilai investasi Rp268 miliar dan PT Yoih Quan Footwear senilai Rp181,72 miliar.

“Target realisasi investasi Pemprov Jateng pada 2023 senilai Rp9 triliun. Semoga kami mampu merealisasikan nilai investasi itu,” kata Sri Cahyaningrum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya