SOLOPOS.COM - Ilustrasi kuliner swike. (wikipedia)

Solopos.com, SEMARANG — Swike merupakan kuliner dari Tionghoa yang terbuat dari paha kodok. Banyak dikaitkan dengan daerah Purwodadi, Kabupaten Grobogan, warung kuliner yang menjajakan swike juga banyak bertebaran di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Berikut daftar warung atau rumah makan swike yang cukup terkenal di Kota Semarang.

Dilansir dari berbagai sumber, swike merupakan makanan khas Tionghoa Indonesia yang terbuat dari paha kodok. Hidangan ini baanyak ditemukan dalam bentuk sup, goreng kering, atau ditumis.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Swikee merupakan salah satu masakan yang menjadi bukti akulturasi budaya Tionghoa di Indonesia. Istilah “swikee” berasal dari dialek Hokkian, sui yang berarti air dan ke, yang berarti ayam.

Oleh karenanya, swike juga kerap disebut sebagaai slang atau penghalusan untuk menyebut kodok sebagai ayam air. Makanan ini kerap dikaitkan dengan daerah Purwodadi, yang ada di Kabupaten Grobogan.

Bahan utama hidangan ini adalah kaki kodok, umumnya merupakan kodok hijau yang diramu dengan bumbu bawang putih, jahe, dan tauco, garam, dan lada. Dihidangkan dengan taburan bawang putih goreng dan daun seledri di atasnya, swike biasanya disajikan dengan nasi putih.

Berikut deretan rumah makan atau warung kuliner swike yang cukup terkenal di Kota Semarang:

1. Swike Purwosari, RA Kartini

Dengan harga mulai Rp20.000-an, kamu bisa menikmati menu enak swike yang dijual oleh Rumah Makan Swike Purwosari di Jalan RA Kartini No. 47, Kota Semarang. Warung ini merupakan salah satu yang cukup terkenal menyajikan kuliner swike di Kota Semarang.

Di warung ini, pengunjung bisa menikmati aneka jenis swike, baik yang dihidangkan dengan pepes telur kodok, kuah kosong, jamur dadar ayam, dan lain-lain. Warung Swike Purwosari ini buka setiap hari mulai pukul 09.30-20.00 WIB.

2. Seng Tua Pattimura Swike, Semarang Timur

Dengan uang Rp40.000-an kamu sudah bisa menikmati aneka menu swike di Seng Tua Pattimura Swike yang terletak di Jalan Patimura Nomor 7, Semarang Timur. Warung swike ini juga cukup populer atau terkenal di Semarang karena menjadi tujuan para penggemar swike.

Menu swike di tempat ini memang tidak terlalu banyak seperti swike kuah, kodok masak Pekalongan, kodok goreng tepung, kodok masak mentega, dan masak kecap asam manis. Kendati demikian, swike yang disajikan pun sangat mengunggah selera dan terkesan beda dari warung lainnya. Warung Seng Tua Pattimura Swike ini buka setiap hari mulai pukul 10.15-16.00 WIB.

3. Swike Arteri/Warung makan Swoto Taoto

Swike Arteri merupakan warung makan yang cukup terkenal bagi kalangan pengemar daging kodok di Kota Semarang. Masakan di warung ini pun dibanderol dengan harga yang cukup murah, yakni mulai Rp10.000.

Menu swike yang paling laris di warung ini adalah swike kuah. Selain swike kuah, warung ini juga menyajikan swike gorong, kulit swike, pepes kodok, dan masih banyak lagi.

Warung ini terletak di Jalan Jolotundo, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Warung ini buka selama 12 jam, mulai pukul 09.00-21.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya