SOLOPOS.COM - Waduk Penjalin merupakan salah satu objek wisata alam di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. (Traveloka)

Solopos.com, BREBES-Bagi kamu yang ingin healing dengan menyaksikan keindahan alam, berikut ini ada sejumlah rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Simak ulasannya di tips traveling kali ini.

Berwisata merupakan salah satu kegiatan untuk menghilangkan stres atau penat. Tidak perlu keluar banyak uang untuk dapat berwisata sekadar melepas penat.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Ada sejumlah objek wisata menyajikan pemandangan alam menakjubkan di sekitar kita yang bisa kita nikmati dengan biaya terjangkau. Selain menghilangkan penat, berwisata di dalam negeri juga bisa membantu menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar objek wisata tersebut.

Nah bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam di Kabupaten Brebes, berikut ini rekomendasi sejumlah objek wisata yang bisa kamu kunjungi seperti dikutip dari traveloka.com pada Kamis (24/8/2023):

1. Ranto Canyon

Destinasi wisata di Brebes pertama yang akan kita bahas adalah Ranto Canyon yang berjarak 2.5 jam dari kota Brebes. Untuk bisa mencapai lokasi air terjun, kamu perlu melakukan trekking sejauh kurang lebih 760 meter menyusuri sungai yang diapit oleh tebing. Di sini kamu tak hanya menikmati keindahan air terjun, tapi juga berendam, rafting, dan cliff climbing. Harga tiketnya Rp30.000 per orang untuk perlengkapan seperti helm, pelampung, dan jasa pemandu.

2. Agro Wisata Kaligua

Tempat wisata alam Brebes berikutnya adalah Agro Wisata Kaligua. Terletak di sebelah barat kaki Gunung Slamet, Agro Wisata Kaligua ini berupa kebun teh yang berada pada ketinggian 1.500-2.050 meter di atas permukaan laut. Udara di sini pun cukup dingin, sekitar 4 sampai 20 derajat celcius. Kebun teh seluas 605,8 hektar ini cocok banget dikunjungi bersama keluargamu.

Saat memasuki kawasan ini, kamu akan disambut pemandangan cangkir raksasa dengan tulisan “Teh Kaligua”. Kamu bisa mencoba menyusuri kebun teh ini dengan menyewa sepeda ataupun berkuda.

Selain bisa menikmati pemandangan indah dari kebun teh, kamu juga bisa mencoba mencoba aneka wahana menarik di sini seperti jaring laba-laba, flying, aktivitas outbound, serta tempat pemandian air panas.

Kawasan Agro Wisata Kaligua ini memiliki berbagai sarana olahraga seperti kolam renang, lapangan tenis, lapangan voli, serta arena biliar. Namun, yang paling menarik di sini adalah keberadaan Gua Jepang. Kamu bisa menyusuri gua sepanjang 850 meter ini ditemani pemandu sambil belajar tentang sejarahnya.

Tempat menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi di sini adalah Tuk Bening, sebuah mata air yang sangat bersih. Bahkan, kamu bisa langsung meminum airnya. Jika ingin menginap di Agro Wisata Kaligua, kamu bisa menginap di homestay maupun area berkemah yang bisa menampung hingga 100 tenda.

3. Curug Putri

Curug ini punya ketinggian sekitar 35 meter dengan debit air yang cukup deras. Aliran air dari Curug Putri sendiri berasal dari Sungai Kalipedes yang hulunya di Gunung Slamet. Tebing pada air terjun ini memiliki bebatuan unik yang disebut sebagai columnar joint.

Hal ini karena bebatuan ini membentuk patahan yang terjadi karena pendinginan aliran lava. Untuk mencapai Curug Putri, kamu harus menempuh jarak sekitar 20 km dari pusat kota Brebes.

Lokasi:Padanama, Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52466

4. Bukit AADT

Bukit Ada Apa dengan Tukung (AADT) adalah salah satu tempat wisata alam di Brebes terfavorit. Di sini kamu bisa memandangi keindahan alam sekitar sambil menikmati udara yang sejuk. Destinasi wisata ini berlokasi di Batursari, Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Terdapat beberapa gardu pandang mulai dari yang paling terkenal yaitu berbentuk tangan raksasa, berbentuk “I Love U” yang bisa kamu jadikan spot foto bersama pasangan, juga yang bentuknya unik seperti sarang burung raksasa. Untuk bisa berfoto-foto di sini, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp5.000 untuk tiket masuk.

5. Bukit Baper

Selain menawarkan panorama yang indah dari atas bukit, kamu juga bisa mengambil berbagai foto Instagramable. Pasalnya, pihak mengelola telah menyediakan berbagai spot foto menarik di Bukit Baper. Berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, udara di Bukit Baper juga sangat sejuk.

Nama Baper pada bukit ini sendiri merupakan akronim dari Batusari Perkemahan. Pasalnya, bukit ini memang sering menjadi area perkemahan yang diminati oleh banyak orang. Adapun, spot foto di Bukit Baper merupakan gardu pandang yang memiliki berbagai bentuk menarik.

Salah gardu pandang yang menjadi spot foto favorit para pengunjung memiliki bentuk Love. Perlu diketahui, untuk menuju ke Bukit Baper, kamu harus menempuh jarak sekitar 54 km dari pusat kota Brebes.

6. Bukit Panenjoan Salem

Sunrise and sunset hunter, jangan lupa untuk catat tempat wisata alam di Brebes terfavorit yang satu ini: Bukit Panenjoan Salem. Berada jauh dari pusat kota Brebes, gardu ini bisa dicapai dengan 2,5 jam berkendara. Namun rasa lelah yang kamu mungkin akan rasakan tentu terbayarkan saat sampai di bukit ini karena alamnya sangat indah. Harga tiket masuk ke kawasan ini adalah Rp5.000 per orang dewasa dan Rp3.000 per anak-anak. Lokasi: Dusun Babakan, Desa Wanoja, Kecamatan Salem, Gunung,Hutan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52275

7. Waduk Penjalin

Ingin mencari spot foto yang Instagramable saat di Brebes? Kamu bisa menyambangi Waduk Penjalin untuk melakukannya. Pemandangan di waduk ini sendiri sudah sangat indah dengan hamparan pegunungan yang hijau.

Hal ini semakin dipercantik dengan keberadaan berbagai spot foto menarik yang disediakan oleh pihak pengelola. Adapun, salah satu spot foto favorit para pengunjung saat berkunjung ke Waduk Penjalin adalah tangga pelangi. Hal ini karena tangga ini dihias dengan cat warna-warni di bagian kanan dan kirinya.

Tidak hanya itu, waduk dengan luas 1,25 kilometer persegi ini masih punya banyak spot foto menarik lainnya. Misalnya adalah spot foto berupa dek kayu berbentuk love. Pihak pengelola melengkapinya dengan dua buah kursi sehingga cocok sekali untuk berfoto di sini dengan pasanganmu.

Untuk mencapai dek ini, kamu harus menyeberangi sebuah jembatan kayu. Pihak pengelola juga menambah semarak suasana Waduk Penjalin dengan menghias pohon-pohon di sekitarnya.

8. Pantai Randusanga

Tempat wisata alam di Kabupaten Bres ini berlokasi di Desa Randusanga Wetan, Krajan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah. Pantai yang satu ini punya ombak yang relatif tenang. Namun, jika ingin berenang, sebaiknya sewa ban sebagai pelampung yang telah disediakan oleh pengelola. Lokasinya hanya 5 km dari pusat kota Brebes sehingga sangat mudah dijangkau.



Selain berenang, kamu bisa menyusuri garis pantai sepanjang 2 km ini dengan sekadar jalan santai ataupun bersepeda. Menjadi objek wisata yang dikembangkan oleh pemerintah Brebes, fasilitas yang terdapat di Pantai Randusanga terbilang cukup lengkap.

Kamu bisa menemukan anjungan untuk berfoto, gazebo untuk bersantai, kamar mandi, maupun kamar bilas yang kebersihannya cukup terjaga. Kamu juga bisa mencoba berkemah di Pantai Randusanga karena pihak pengelola telah menyediakan area camping ground.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya