SOLOPOS.COM - Pabrik Gula Jatibarang merupakan salah satu tempat wisata yang mendapat rekomendasi untuk dikunjung di Brebes. (: https://jatibarang.brebeskab.go.id/category/potensi_pariwisata/)

Solopos.com, BREBES — Kabupaten Brebes di Jawa Tengah (Jateng) memiliki potensi wisata yang tiada duanya. Terkenal sebagai daerah penghasil telur asin, Brebes rupanya juga memiliki potensi wisata alam yang indah. Berikut rekomendasi tempat wisata di Brebes yang sayang untuk dilewatkan.

Brebes terletak di bagian utara paling barat Jawa Tengah (Jateng). Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat (Jabar), sehingga dari segi budaya cukup kental dengan budaya Sunda.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Bahkan, sebagian masyarakat di Brebes masih menggunakan bahasa Sunda untuk berkomunikasi seperti Kecamatan Salem, Banjarharjo, dan Bantarkawung, serta beberapa desa di Losari, Tanjung, Kersana, Ketanggungan dan Larangan.

Selain memiliki keunikan budaya yang masih kental dengan Sunda, Brebes rupanya juga memiliki sejumlah tempat wisata yang apik. Bahkan, tempat wisata ini sangat sayang dilewatkan saat berkunjung ke Brebes.

Berikut rekomendasi tempat wisata di Brebes yang dirangkum Solopos.com dari berbagai sumber:

1. Taman Kalibaya

Taman Kalibaya merupakan tempat wisata di Brebes yang wajib dikunjungi jika tertarik untuk mengagumi keistimewaan alam yang luar biasa dari ketinggian. Di area Salem, wisatawan dapat memproyeksikan pandangan ke segala arah ke berbagai sudut pandang yang terlihat sangat menarik. Lokasinya di Pasir Panjang, Salem, area hutan di Bandungsari, Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

2. Relik Berusia 175 Tahun di PG Jatibarang

Tidak dapat disangkal bahwa semua hal kuno atau yang populer disebut jadul tetap menyenangkan, terutama bagi mereka yang menyukai hal yang berbau vintage. Tak terkecuali Pabrik Gula (PG) Jatibarang yang telah berusia lebih dari 175 tahun. Pabrik Gula Jatibarang merupakan salah satu Situs Peninggalan Belanda di Brebes dan masih berdiri hingga saat ini. Yang menarik adalah banyaknya tempat asyik untuk membuat background foto semakin menarik. Selain itu, nuansa kuno yang terkait dengan infrastruktur bangunan, mulai dari rel kereta api hingga lori pengiriman tebu, memberikan nuansa yang tepat pada tempat bersejarah ini. Lokasinya terletak di Jalan Raya Jatibarang – Slawi, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah.

3. Gardu pandang

Dari tempat ini, wisatawan tidak hanya bisa menikmati bentang alam yang menarik di wilayah Wanoja, Salem, tetapi juga udara segar yang bersih, sesuaiuntuk mengisi ruang di paru-paru kamu. Selain itu, banyak juga gardu pandang menarik yang bisa dijadikan spot foto kekinian kamu. Tempat ini berlokasi di Dukuh Babakan, Wanoja, Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

4. Ranto Canyon

Tempat ini berlokasi di Gunungtajem, Winduasri, Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sungai yang mengalir cukup deras di antara dua tebing yang eksotik dijamin akan memberikan kesan dan suasana mendalam bagi penikmatnya. Apalagi tempat ini bisa menjadi tempat untuk memacu adrenalin. Berwisata di Ranto Canyon juga berarti harus siap basah-basahan. Untuk mendapatkan kesan maksimal, kamu bisa sekadar berenang, cliff jumping hingga body rafting.

5. Curug Rambukasang

Lokasinya tersembunyi dan akses masuk kesana juga cukup menantang. Tetapi, setibanya di lokasi, pemandangan air terjun dengan debit air yang cukup deras dengan panorama yang masih alami akan menyambut. Kolam tempat curahan air terjun juga cukup mengesankan untuk dijadikan spot berenang dan bermain air. Ditambah udara segar dan pemandangan hijau di sekeliling, destinasi wisata di Brebes ini layak masuk dalam daftar kunjungan kamu. Lokasinya berasa di Desa Ciseureuh, Ketanggungan Selatan, Brebes, Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya