SOLOPOS.COM - Rektor UIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin, M.Ag saat melepas mahasiswa KKN Nusantara Moderasi Beragama, Senin (10/7/2023). (Istimewa/UIN Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA — Rektor UIN Salatiga melepas secara resmi lima mahasiswanya untuk melaksanakan KKN Nusantara Moderasi Beragama Perguruan Tinggi Keagamaan se-lndonesia di Kabupaten Katingan Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Senin (10/7/2023).

Ketua LP2M UIN Salatiga, Hammam, Ph.D., melaporkan UIN Salatiga mengirim lima mahasiswa untuk mengikuti kegiatan KKN Nusantara Moderasi Beragama yang dilaksanakan di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah di tahun ini.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Kelima mahasiswa UIN Salatiga tersebut akan berkegiatan selama lebih kurang 40 hari. Mereka akan berbaur dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya untuk melaksanakan program KKN.

Kegiatan ini juga diharapkan mampu membekali wawasan kebangsaan dan nasionalisme mahasiswa.

Rektor UIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin, M.Ag menyampaikan istilah baru/sebutan KKN Nusantara sebagai KKN Sabang sampai Merauke (KKN Sabara). Pasalnya, kegiatan KKN ini dapat dilaksanakan di seluruh wilayah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

“Sebenarnya KKN Sabara ini sudah berjalan dua tahun terakhir, namun UIN Salatiga baru kali ini mengikutinya dikarenakan tahun sebelumnya UIN Salatiga sedang berfokus pada alih status dari IAIN menjadi UIN dan pengusulan menjadi kampus BLU,” terang Rektor.

Rektor juga memberi pesan bahwa kelima mahasiswa peserta KKN untuk aktif berperan sebagai duta UIN Salatiga dimanapun berada.

“Anda adalah Duta UIN Salatiga. Lakukan yang terbaik untuk diri anda dan UIN Salatiga,” pesan Rektor kepada para mahasiswa yang mengikuti KKN Nusantara.

Pada program tersebut, mahasiswa akan melaksanakan KKN mulai, Selasa (11/7/2023)-Jumat (18/8/2023). Mereka akan berbaur dengan 134 mahasiswa dari Kementerian Agama Negeri yang terbagi ke dalam 3 kecamatan di Katingan.

Pada kesempatan tahun ini, IAKN Palangkaraya menjadi panitia dengan jumlah peserta 48 orang, IAIN Palangkaraya 29 orang, IAHN Palangkaraya 25 orang, IAKN Ambon tiga orang, Universita Kristen Satya Wacana (UKSW) 5 orang, UIN Salatiga 5 orang, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda 5 orang, UIN Walisongo Semarang 5 orang, UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar 8 orang, dan STT Baptis Kalvari Jakarta satu mahasiswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya