SOLOPOS.COM - Sejumlah relawan yang menamakan Sahabat Luthfi Jawa Tengah menggelar deklarasi dukungan Kapolda Jateng pada Pilgub Jateng 2024 di Kota Semarang, Senin (3/6/2024). (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG –Politisi sekaligus Ketua Pembina DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI), M. Farchan, menggelar deklarasi dukungan kepada Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, untuk maju sebagai calon gubernur pada Pilgub Jateng 2024. Deklarasi itu digelar di Kota Semarang bersama sejumlah relawan yang mengatasnamakan dirinya sebagai Sahabat Luthfi Jawa Tengah.

Ketua Pembina DPW PSI Jateng, M. Farchan, mengaku tertarik mengusung Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur dalam Pilgub Jateng 2024. Oleh karenanya, ia pun menginisasi deklarasi tersebut untuk menggerakan warga Ibu Kota Jateng agar mendukung jenderal polisi bintang dua itu maju dalam kontestasi Pilgub.

Promosi Selamat! BRI Sabet 2 Penghargaan Internasional dari The Asset Triple A

“Sejauh ini PSI belum menetapkan [calon gubernur], tapi kita dalam rangka memanaskan mesin partai. Dari hasil diskusi, kami menemukan satu sosok yang pas, yakni Ahmad Luthfi,” ujar Farchan seusai deklarasi di Rumah Makan Bale Jawa, Senin (3/5/2024).

Farchan juga mengaku partainya, PSI telah menjalin komunikasi dengan Ahmad Luthfi. Oleh karenanya, ia pun berharap deklarasi itu bisa mendorong Ahmad Luthfi maju di Pilgub Jateng.

Farchan juga menilai Ahmad Luthfi merupakan sosok yang pas memimpin Jateng. Hal itu dikarenakan Luthfi telah berpengalaman sebagai Kapolda Jateng dan juga pernah menjabat pimpinan di sejumlah institusi kepolisian di wilayah Jateng, salah satunya Kapolresta Solo.

“Pak Luthfi sudah teruji jam terbangnya, dari Kapolres sampai Kapolda, saya belum pernah tahu dia bersikap represif kepada masyarakat. Dan beliau bisa mengedepankan bimnas [pembinaan masyarakat] secara baik. Hubungannya dengan daerah [35 kabupaten/kota] juga bagus, termasuk pusat [Presiden],” tutupnya.

Sementara itu, hingga kini Ahmad Luthfi belum menyatakan dengan tegas sikapnya untuk mengikuti kontestasi Pilgub Jateng 2024. Kendati demikian, Ahmad Luthfi akan segera mengakhiri masa jabatannya sebagai Kapolda Jateng atau pensiun pada bulan November 2024 nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya