SOLOPOS.COM - Kondisi truk yang mengalami rem blong dan menghantam halte di Jalan Soekarno-Hatta Bawen, Kabupaten Semarang, Senin (13/3/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Sebuah truk bermuatan pasir menyeruduk halte di Jalan Soekarno-Hatta Semarang, tepatnya di depan SPBU Harjosari, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Senin (13/3/2023) pukul 08.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal yang diduga disebabkan oleh rem blong tersebut.

Kasat Lantas Polres Semarang, AKP Dwi Himawan C., membenarkan kejadian yang terjadi sekitar pukul 08.30 WIB itu karena truk mengalami rem blong. Truk muatan pasir berpelat nomor B 9710 UYZ yang dikemudikan Yusuf, 26, warga Kabupaten Semarang.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

“Keterangan dari sopir truk, penyebab kecelakaan karena gagalnya fungsi pengereman pada truk tersebut,” ungkap AKP Himawan, Senin (13/3/2023).

AKP Himawan mengatakan kronologi kecelakaan tunggal itu bermula saat truk dump Hino bermuatan pasir yang dikemudikan Yusuf berjalan dari arah Bawen menuju Semarang. Sesampainya di turunan sebelum SPBU Harjosari, pengemudi menyadari rem tidak berfungsi.

“Untuk antisipasi timbulnya korban atau menabrak kendaraan di depannya, truk yang sudah berjalan pada lajur kiri ini selanjutnya membanting ke kiri hingga terperosok ke dalam parit dan menabrak salah satu bagian Halte Trans Jateng,” jelas AKP Himawan.

Personel Unit Gakkum Sat Lantas Polres Semarang dibantu personil Polsek Bawen langsung melakukan evakuasi dan pengaturan lalu lintas di lokasi kejadian. Berdasar pemeriksaan awal di lokasi kejadian diketahui penyebab tidak berfungsinya rem, yakni selang rem pada truk mengalami kebocoran.

“Dugaan awal karena selang rem pada truk rusak/bocor. Terkait arus cukup lancar, tidak ada antrean kemacetan,” terang AKP Himawan.

Pada kesempatan itu, AKP Himawan mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap hati-hati dan selalu melakukan pengecekan terhadap kondisi kendaraan guna memastikan kondisi kendaraan laik jalan.

“Kami imbau pula untuk kendaraan muatan berat silakan gunakan lajur kiri demi keselamatan dan kenyamanan bersama,” kata AKP Himawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya