SOLOPOS.COM - Bongko Mento Jepara. (Istimewa/indofoodsolutions.com)

Solopos.com, JEPARA — Bongko mento khas Jepara ini sekilas mirip dengan sajian botok. Meski sama-sama dibungkus daun pisang, isi bongko mento sangat berbeda lo.

Bongko mento merupakan makanan khas Jepara yang berupa kulit dadar dengan isi daging ayam serta campuran lainnya. Kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. Konon makanan ini berasal dari Keraton Jepara, yaitu Kerajaan Kalinyamat.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Makanan yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan pastinya enak. Biasanya bongko mento dijadikan sebagai sajian di acara kumpul-kumpul keluarga. Isiannya lengkap sehingga cocok untuk menu harian ataupun buka puasa.

Bagi yang ingin membuat bongko mento, berikut ini ada resep yang bisa untuk Anda coba di rumah dikutip dari masakandapurku.com. Yuk, langsung simak resep bongko mento khas dari Jepara ini!

Bahan kulit berupa 60 gram tepung terigu dengan protein sedang, 150 ml air, 1 butir telur (kocok lepas), 1/4 sendok teh garam. Bahan isian, seperti 1 1/2 ons dada ayam fillet, 3 buah jamur kuping, 1/4 ons suun, 200 ml santan.

Bumbu halus berupa 1/2 sendok teh gula pasir, 1 1/2 sendok teh ketumbar bubuk, 1 sendok teh garam, 1 cm lengkuas, 2 butir kemiri (sangrai), 2 siung bawang putih, 8 butir bawang merah.

Sedangkan bahan saus berupa 50 ml santan dari 1/2 butir kelapa, 14 sendok teh garam. Terakhir sebagai bahan pelengkap, yakni daun pisang secukupnya.

Selanjutnya, begini cara membuat bongko mento khas Jepara:

1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk mengolah bongko mento khas Jepara.

2. Ambil fillet dada ayam lalu cuci hingga bersih kemudian rebus selama beberapa saat. Angkat dan suwir-suwir sesuai selera.

3. Selanjutnya, cuci juga jamur kuping yang telah disiapkan. Seduh menggunakan air panas lalu potong-potong sesuai selera.

4. Setelah itu, panaskan minyak untuk menumis bumbu halus hingga harum. Masukkan suwiran daging ayam tadi bersama santan sedikit demi sedikit, lalu aduk sampai matang.

5. Kemudian tambahkan suun dan potongan jamur sambil tetap diaduk hingga campuran menjadi kering. Lalu matikan api.

6. Buatlah kulitnya dengan mencampur kocokan telur, tepung terigu, air dan garam diaduk sampai rata.

7. Jika sudah, panaskan minyak kembali untuk membuat dadar tipis-tipis sampai adonan habis.

8. Ambil selembar, beri isian di tengahnya lalu lipat bagian kiri dan kanan. Gulung seperti membuat dadar gulung.

9. Ulangi lagi sampai dadar dan isian habis.

10. Selanjutnya ambil daun pisang dan beri bongko mento di atasnya. Tambahkan campuran saus, lalu bungkus rapat.

11. Kukuslah sajian tersebut dengan api sedang selama setengah jam sampai matang.

12. Terakhir, angkat dan sajikan di piring saji untuk lekas dinikmati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya