SOLOPOS.COM - Es Lontrong Slawi, Tegal. (Istimewa/YouTube MasakTV)

Solopos.com, TEGALKuliner khas Tegal memang tidak pernah gagal soal rasa. Mulai dari makanan hingga minumannya punya rasa dan keunikan tersendiri.

Kota penghasil teh Slawi ini juga terkenal mempunyai minuman segar manis yang cocok untuk menu buka puasa. Selain es sagwan dengan ciri khas dawet acinya, Tegal juga punya es lontrong yang punya banyak isian.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Dinamakan es lontrong Slawi karena es ini hanya dijual di satu tempat berupa Lontrong (lorong) kecil di daerah Slawi. Isinya cukup bervariasi, membuat es ini bisa dijadikan pilihan pelepas dahaga penunda lapar.

Perpaduan santan, sirup, serta isiannya sangat menyegarkan sehingga cocok untuk dijadikan minuman buka puasa. Tak sempat ke Tegal, Anda bisa membuat es lontrong sendiri di rumah lo.

Berikut cara membuat es lontrong Slawi menurut resep di channel YouTube MasakTV.

Bahan-bahan:

1. 300 ml santan.

2. 50 gram kacang hijau yang telah direbus.

3. 30 gram kolang-kaling.

4. 30 gram cincau hitam.

5. 100 ml sirup merah.

6. 1 lembar roti.

7. Es serut secukupnya.

Sedangkan cara membuatnya sebagai berikut:

1. Potong dadu roti tawar dan cincau.

2. Masukkan sirup ke dalam gelas.

3. Masukkan es batu, lalu susun kacang hijau, kolang-kaling, agar-agar, cincau hitam, dan potongan roti tawar. Lalu siram dengan santan.

4. Terakhir tambahkan sirup merah dan siap disajikan.

Bagaimana, mudah bukan? Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan, Anda bisa menikmati minuman khas Tegal ini di waktu buka puasa, tanpa perlu pergi jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya