SOLOPOS.COM - Getuk nyimut khas Kudus diolah dengan cara digoreng (Youtube/Dapur Adel)

Solopos.com, SEMARANG — Jalan-jalan ke Kudus memang kurang afdol jika tidak mencicipi kuliner khasnya, seperti soto Kudus, lentog Tanjung, sampai dengan jenang Kudus. Tapi, tahukah Anda? Jika ternyata Kudus mempunyai primadona lain yang tak kalah legitnya.

Getuk nyimut, barangkali kudapan yang satu ini jarang terdengar di telinga Anda. Camilan khas yang berasal dari Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kudus, Jawa Tengah ini menjadi salah satu ikon kuliner jadul yang banyak digemari.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Melansir dari laman kuduskab.go.id, Selasa (28/3/2023), getuk merupakan jenis makanan tradisionl masyarakat Jawa yang dikenal sejak masa penjajahan. Berbeda dengan sajian getuk pada umumnya, getuk nyemut diolah dengan cara digoreng.

Menariknya lagi, ternyata terdapat sejarah di balik pemberian nama nyimut. Konon, kala itu orang China selalu menyebut kata imut setiap membeli jajanan ini dikarenakan bentuknya yang kecil.

Di Kudus, Anda dapat menjumpai getuk nyimut dengan varian isi cokelat dan gula. Bisa dibayangkan, bukan? Dengan cita rasa yang manis dan gurih, tentu camilan khas Kota Kretek ini akan cocok untuk dijadikan takjil saat berbuka.

Namun Anda tak perlu harus jauh-jauh pergi ke Kudus untuk mendapatkan seporsi getuk nyimut yang lezat. Karena Solopos.com akan membagikan resep dan cara membuat getuk nyimut untuk Anda.

Masih dilansir dari laman kuduskab.go.id, salah satu pedagang getuk yang terkenal di Kudus, Pak San berbagi resep sederhana olahan getuk nyimut. Bahan-bahan yang perlu disiapkan di antaranya

1. Singkong.

2. Air.

3. Tepung ketan.

4. Garam.

5. Cokelat atau sebagai isian.

Cara membuat getuk nyimut sebagai berikut:

1. Kupas singkong, cuci bersih, dan potong menjadi beberapa bagian kecil.

2. Rendam singkong selama semalam dengan air.

3. Siapkan air di dalam panci, kemudian rebus singkong selama kurang lebih 30 menit atau hingga singkong menjadi empuk.

4. Jika sudah matang, angkat singkong dan tiriskan.

5. Pisahkan singkong dari seratnya, kemudian tumbuk hinga halus.

6. Sembari menumbuk singkong, campur dengan tepung agar adonan lebih menyatu dan taburi sedikit garam untuk menambah cita rasa gurih pada olahan tersebut.

7. Usai adonan tercampur rata, bagi menjadi bulatan kecil dan isi dengan cokelat maupun gula yang telah disiapkan.

8. Terakhir, goreng adonan getuk hingga berwarna kuning keemasan kemudian sajikan.

Fakta menarik lainnya yang membuat getuk nyimut asli Kudus memiliki cita rasa lebih sedap adalah pada proses penggorengannya yang ternyata masih menggunakan kayu bakar. Tetapi jika tidak ada kayu bakar, Anda dapat menggorengnya seperti biasa.

Jika Anda mendambakan inovasi rasa yang lain, Anda dapat mengganti isian cokelat maupun gula dengan topping lain sesuai dengan selera. Seperti selai buah, keju, kismis, dan lain-lain. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya