SOLOPOS.COM - Crazy Rich Grobogan, Joko Suranto, turun dari mobil VW saat tiba di Kantor DPW PSI Jateng, Kota Semarang, untuk mengambil formulir pendaftaran cagub Jateng, Kamis (13/6/2024). (Solopos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG — Joko Suranto, yang mendapat julukan Crazy Rich Grobogan, resmi meramaikan bursa calon gubernur (cagub) Jawa Tengah (Jateng) pada Pilkada 2024. Pengusaha property yang namanya pernah viral di media sosial karena aksinya yang membangun infrastruktur jalan senilai Rp2,8 miliar pada medio 2022 lalu, itu resmi mendaftar sebagai bakal calon gubernur pada Pilgub Jateng 2024 dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kamis (13/6/2024).

Joko datang ke Kantor DPW PSI Jateng di Jalan Abdurrahman Saleh, Manyaran, Semarang Barat, Kota Semarang, sekitar pukul 16.00 WIB. Ia datang dengan didampingi rekan dan keluarga sambil mengendarai mobil Volkswagen atau VW.

Promosi Kliring Berjangka Indonesia Gandeng BRI sebagai Bank Penyimpan Dana Margin

Kedatangannya langsung diterima Ketua DPW PSI Jateng, Antonius Yogo Prabowo. Crazy Rich Grobogan ini pun langsung mengambil formulir pendaftaran untuk mendaftar sebagai calon gubernur yang akan diusung PSI dalam Pilgub Jateng 2024.

Joko mengaku PSI menjadi partai pertama yang dirinya datangi untuk mendaftar cagub Jateng. Saat ditanya awak media, alasan memilih PSI, Joko pun menjawab dengan nada diplomatis.

“Kenapa saya pilih PSI, karena PSI gambarnya hati dan warnanya merah. Itu jadi semangat kita untuk membuat Jateng lebih baik,” ujar Joko Suranto seusai mengambil formulir pendaftaran.

crazy rich grobogan daftar gubernur
Crazy Rich Grobogan, Joko Suranto (berbaju merah muda), saat mengambil formulir pendaftaran calon gubernur Jateng di Kantor DPW PSI Jateng, Kamis (13/4/2024). (Solopos.com-Imam Yuda S.)

Joko juga menyadari jika saat ini perolehan suara atau kursi PSI di parlemen atau DPRD Jateng belum memenuhi syarat untuk mengusung calon sendiri di Pilgub Jateng 2024. PSI hanya mampu meraih dua kursi di DPRD Jateng dalam Pemilu 2024.

Sementara syarat atau ambang batas parlemen yang ditetapkan untuk mengusung calon sendiri dalam Pilgub Jateng adalah 20% dari total 120 kursi di DPRD Jateng.

“Kita tahu persyaratan 20% [parlementary threesold] PSI belum cukup. Nanti dengan koordinasi Bersama PSI, kami akan silaturahmi dan komunikasi dengan partai lain. Alhamdulillah, sudah ada dua partai lain yang menjalin komunikasi dengan baik,” imbuh Joko.

Kendati demikian, pria yang mendapat julukan Crazy Rich Grobogan itu belum mau menyebutkan dua partai yang telah menjajaki komunikasi dengannya. Ia berdalih belum mau menyebut dua partai lain itu karena alasan sopan santun.

“Belum deal. Secara tata krama, kalau belum deal kan belum boleh disebutkan. Takutnya dibilang enggak sopan nanti. Tapi, pastinya sudah ada dua partai yang komunikasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPW PSI Jateng, Antonius Yogo Prabowo, mengaku Joko Suranto menjadi orang pertama yang mendaftar sebagai calon gubernur Jateng di PSI. Meski demikian, PSI tetap membuka pendaftaran bagi para kandidat yang berminat untuk berkontestasi di Pilgub Jateng.

“Iya, Pak Joko ini menjadi yang pertama daftar cagub Jateng di DPW PSI [Jateng]. Dia tadi ambil formulir cagub. Kalau PSI sendiri sebenarnya sudah buka pendaftaran sejak 26 Mei hingga 1 Agustus nanti,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya