SOLOPOS.COM - Tangkapan layar The Park Semarang, mal baru yang ada di Kota Semarang, yang baru dibuka Kamis (16/3/2023). (Instagram @skyscrapercitysemarang)

Solopos.com, SEMARANG — Jumlah pusat perbelanjaan atau mal di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), resmi bertambah seiring diresmikannya The Park Semarang yang terletak di Jalan Madukoro, Kamis (16/3/2023).

The Park Semarang ini menjadi mal ke-30 yang dioperasikan NWP Properti, sebuah perusahaan pengembang pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, Mayoritas Analis Rekomendasi Beli Saham BBRI

Persemian The Park Semarang yang menjadi mal terbaru di Ibu Kota Jateng ini turut dihadiri Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu. Wali Kota yang akrab disapa Ita itu pun berharap The Park Semarang bisa menjadi destinas masyarakat, apalagi mendekati bulan Ramadan dan Lebaran.

“Alhamdulillah sudah dibuka. Kami senang karena The Park Semarang, selain ada brand dari luar juga mengakomodasi brand lokal dan usaha lokal, nasional maupun Kota Semarang,” kata Ita.

Keberadaan The Park Semarang, kata dia lagi, diharapkan nantinya bisa menjadi pengungkit bagi perekonomian daerah seiring dengan semakin besarnya perputaran uang di Kota Semarang.

“Tidak perlu ke Jakarta kalau beli ini atau itu, cari toko berlian, di sini ada, dan juga toko-toko lainnya. Sehingga, perputaran uang kan ada di Kota Semarang,” ujarnya lagi.

Sementara itu, CEO Retail and Hospitallity PT NWP Property, Alphonzus Widjaja, mengatakan The Park Semarang akan tetap memberikan kesempatan kepada bran lokal atau merek lokal membuka gerai penjualan hingga 50 persen dari kapasitas total 120 gerai yang disediakan.

“Untuk ‘brand’, kami coba seimbangkan. Paling tidak 50 persen, ‘fifty-fifty’,” ujarnya.

Merek lokal, kata Alphonzus, terbagi atas industri nasional dan domestik, sedangkan domestik juga terbagi atas produk yang dibuat produsen asal Semarang maupun Jawa Tengah.

Untuk 50 persen sisanya, kata dia lagi, diberikan untuk brand internasional yang sebagian belum ada di Semarang dan Jateng selama ini. Hal itu pun dipastikan akan menambah daya tarik bagi masyarakat berkunjung atau berbelanja di The Park Semarang.

“Ini menjadi satu hal yang positif karena The Park Semarang membawa banyak merek baru yang belum ada di Semarang dan Jateng sehingga akan semakin melengkapi Kota Semarang,” katanya pula.

The Park Semarang memiliki nilai investasi mencapai Rp1 triliun. Mal ini dibangun dengan kapasitas parkir mencapai 1.200 unit kendaraan dan 120 gerai yang saat ini sudah terisi sekitar 60 persen.

Selain The Park Semarang, satu mal baru lagi juga akan resmi dibuka di Kota Semarang, Sabtu (18/3/2023). Mal itu tak lain adalah Uptown Mall yang terletak di kawasan BSB City.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya