SOLOPOS.COM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, saat menyampaikan informasi terkait one way di Tol Kalikangkung Semarang. (Solopos.com-Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng menambah jumlah tempat istirahat atau rest area untuk pemudik di Jalan Tol Semarang-Solo KM 444 B, Tuntang, Kabupaten Semarang. Meski rest area tersebut hanya bersifat fungsional atau sementara, keberadaannya mampu menjadi tujuan pemudik melepas lelah dan membuat arus mudik Lebaran 2023 menjadi lancar.

“Ini merupakan tindak lanjut permintaan Trans Marga Jateng terkait penambahan rest area dan Bapak Gubernur serta Sekda Jateng yang memberikan arahan untuk memfungsikan,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Jateng, Djarwanto Dwiatmoko, di Kabupaten Semarang, Selasa.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Ia mengharapkan tempat istirahat fungsional yang menempati lahan seluas dua hektare itu bisa dimanfaatkan para pemudik untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke kampung halaman masing-masing.

“Para pemudik yang di tol jalur B dari arah Solo atau Surabaya menuju Semarang dan Jakarta silakan mampir ke rest area yang cukup nyaman ini,” ujarnya.

Ia menyebut tempat istirahat fungsional ini dilengkapi berbagai fasilitas, seperti stasiun pengisian BBM mini, puluhan toilet, gerai UMKM kuliner binaan Pemprov Jateng, serta musala bantuan Baznas Jateng.

“Berbagai kuliner dari pelaku UMKM Jateng, toilet cukup banyak, sehingga tidak perlu antre, bisa isi BBM, ada posko layanan kesehatan, serta posko layanan informasi tentang kepariwisataan,” katanya.

Djarwanto mengungkapkan Pemprov Jateng akan membangun tempat istirahat terpadu yang permanen di titik yang sama dengan luas lahan total tujuh hektare. “Setelah digunakan secara fungsional, nanti dibangun rest area permanen. Kami berharap pemudik nyaman di rest area ini dan pemerintah memastikan itu semua,” ujarnya.

Exit Tol

Berdasarkan pantauan di Jalan Tol Semarang-Solo, kendaraan pemudik dari berbagai daerah mulai memadati jalur A pada arus mudik Lebaran 2023. Sedangkan arus kendaraan pada jalur B masih tampak lengang.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat yang mengalami kelelahan untuk memanfaatkan rest area di tol dan tidak berhenti di bahu jalan. Pihak kepolisian bahkan telah menyiapkan rest area tambahan di luar rest area atau jalur luar tol atau exit tol.

“Selain rest area, kami berikan ruang untuk istirahat pemudik dengan memanfaatkan jalur di luar rest area dan jalur luar tol atau exit,” kata Kapolri seusai memantau posko mudik di Tol Kalikangkung, Semarang, Selasa (18/4/2023) sore.

Tujuan pemanfaatan exit tol tersebut, agar tak ada pemudik yang beristirahat di bahu jalan. Sebab, hal tersebut bisa meningkatkan risiko kecelakaan.

“Jangan istirahat di bahu jalan. Karena bisa meningkatkan kemacetan dan risiko laka tinggi,” pintanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya