SOLOPOS.COM - Pemudik menggunakan kendaraan pribadi dominasi Rest Area KM 429 Ungaran. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SEMARANG — Rest Area KM 429 Ungaran mulai ramai dipadati pemduik pada Selasa (18/4/2023). Diperkirakan puncak arus mudik yang melintas di Rest Area KM 429 Ungaran akan terjadi pada besok Rabu (19/4/2023), atau bersamaan denagn cuti bersama Lebaran.

Pantauan Solopos.com di lokasi, para pemudik yang beristirahat di Rest Area KM 429 mayoritas menggunakan mobil pribadi. Namun kondisi lalulintas masih lancar dan belum terlihat adanya antrean dan kemacetan akibat penumpukkan pemudik. Sejumlah kafetaria juga dipadati pemudik yang tengah beristirahat.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

General Manager Operasional Rest Area KM 429, Adi Purwanto, mengatakan terdapat 8.800 kendaraan keluar masuk setiap harinya di rest aarea itu. Sementara di hari-hari normal seperti biasanya, jumlah kendaraan yang keluar masuk hanya berkisar 5.000 unit.

“Ledakan pemudik diperkirakan besok karena ada cuti bersama. Dan kemungkinan dari pagi hingga malam hari,” ujar Adi kepada Solopos.com Selasa (18/4/2023).

Untuk mempersiapkan dan mengantisipasi ledakan pemudik, pihaknya sudah mempersiapkan kantong parkir tambahan yang berada di sebelah utara. Kantong parkir tersebut dapat menampung maksimal 400 kendaraan.

“Dan kita juga menyiapkan enam toilet portabel dan 10 toilet semi permanen, ” jelasnya.

Fasilitas lainnya yakni terdapat kamera CCTV sebagai pusat komando untuk mengatur para pemudik dalam memarkirkan kendaraannya. Dan juga terdapat beberapa posko mudik seperti dari kepolisian terdapat dua posko.

“Selain itu ada posko-posko kecil yang ada di area rest area yang bisa dimanfaatkan oleh para pemudik,” ungkapnya.

Adi mengungkapkan Rest Area KM 429 Ungaran tersebut merupakan rest area pertama yang ditemui setelah one way. Di tahun kemarin terdapat 12 lajur dan saat ini menyempit menjadi tiga jalur.

Pengunjung Rest Area KM 429 mayoritas dari arah Jakarta dan Semarang juga dari arah pantura, sehingga seringkali terjadi kemacetan. “Dan kita adalah SPBU pertama yang ketemu setalah KM 379,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya