SOLOPOS.COM - Warga mengunjungi lokasi perayaan Pasar Imlek Semawis di kawasan Pecinan, Kota Semarang, Jateng, Selasa (24/1/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) bakal melakukan program revitalisasi kawasan Pecinan Semarang. Anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan revitalisasi itu pun mencapai Rp10,5 miliar.

Kepala Disperkim Kota Semarang, Yudi Wibowo, mengatakan revitalisasi akan dilakukan dengan penataan jalan-jalan lingkungan dan perkampungan di Pecinan Semarang. Ada beberapa titik atau lokasi yang dilakukan penataan, di antaranya Gang Tengah, Gang Besen, Gang Gambiran, Gang Belakang, Gang Baru, dan Gang Cilik A hingga E.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

“Dianggarkan di APBD [Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah] Kota Semarang tahun 2024 sekitar Rp10,5 miliar. Untuk pembenahan jalan lingkungan, seperti saluran dan penataan jalannya,” katanya.

Menurut dia, penataan jalan perkampungan di kawasan yang padat dengan bangunan berarsitektur Tionghoa tersebut juga akan dilakukan diikuti dengan penataan saluran atau drainase. Dengan revitalisasi tersebut, kawasan Pecinan nantinya bisa semakin menarik dan membuat betah wisatawan yang berkunjung, apalagi Pecinan terkoneksi dengan kawasan Kota Lama.

“Biar jalan-jalan jadi bersih, menarik, dan kempling bisa di koneksikan dengan wisata Kawasan Kota Lama. Total anggaran keseluruhan Rp50 miliar, tapi untuk tahun ini kami aplikasikan sebesar Rp10,5 miliar,” katanya.

Pecinan termasuk dalam empat kawasan Semarang Lama, selain Kota Lama, Kampung Kauman, dan Kampung Melayu yang saat ini terus digenjot untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Semarang juga telah menyiapkan 13 kegiatan pariwisata yang menjadi the best event pada tahun depan yang menjadi bagian dari Calender of Event 2024. Sebanyak 13 best event tersebut, beberapa di antaranya berlangsung di kawasan Semarang Lama, seperti Pasar Imlek Semawis, Dugderan, Semarang Night Carnival, dan Festival Kota Lama.

Dalam Calender of Event Kota Semarang 2024, terdapat puluhan kegiatan pariwisata yang akan digelar untuk memeriahkan Kota Atlas dan menjadi suguhan hiburan bagi wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya