SOLOPOS.COM - Ronde Sekoteng Jago di Salatiga. (Instagram - nstagram—rondejago)

Solopos.com, SALATIGA — Semangkok wedang ronde dapat menjadi hidangan untuk menghangatkan badan di tengah dinginnya udara di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng). Salah satu warung wedang ronde yang cukup legendaris di Salatiga adalah Ronde Sekoteng Jago, yang telah berdiri lebih dari setengah abad.

Dilansir dari gastronomy.salatiga.go.id, warung Ronde Sekoteng Jago saat ini telah memasuki generasi keempat. Meski demikian, cita rasa yang disajikan tak jauh berbeda dengan saat kali pertama berdiri, atau disajikan dengan bahan dan cara yang sama.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Ronde sendiri terdiri dari bulatan-bulatan yang dibuat dari tepung beras dan diisi dengan gula merah, kolang kaling dan juga kacang tanah dalam kuah air jahe hangat. Sementara sekoteng minuman air jahe yang berisi kacang hijau, kacang tanah dan irisan roti tawar.

Ronde Sekoteng Jago di Salatiga yang sudah berdiri lebih dari 50 tahun silam. Lokasinya berada di Jalan Sudirman nomor 9, Salatiga, Jawa Tengah, tepatnya di area Pasar Raya Salatigaa, di belakang Pos Polisi Pasar Raya.

Sejak tahun 1960-an, Ronde Sekoteng Jago juga dikenal sebagai kudapan penangkal udara dingin Kota Salatiga. Konon nama Jago dipakai karena pada awalnya adalah kedai jamu. Kedai Ronde Sekoteng Jago di tempat itu masih bertahan hingga hari ini, resep turun temurun Ronde Sekoteng Jago bahkan sudah sampai pada generasi keempat.

Dilansir dari beberapa sumber, secara morfologi, Salatiga berada di cekungan kaki Gunung Merbabu sehingga membuat suhu udaranya cukup dingin. Oleh sebab itu, salah satu hidangan khas Salatiga yang mampu membuat tubuh hangat adalah ronde.

Sebagai kuliner tempo dulu, ronde dan sekoteng memang sudah disukai warga Salatiga dari generasi ke generasi. Semangkok wedang ronde sekoteng disajikan hangat-hangat. Semerbak aromanya segar menggoda. Kacang goreng dan kolang-kaling putih terlihat tersembul di permukaan wedang ini.

Kudapan adaptasi dari kuliner China ini disajikan dalam mangkuk porselin China sedang. Saat digigit tekstur ronde yang dibuat dari tepung ketan ini terasa kenyal. Ada empat bahan dasar yang hanya ada di ronde ini, yakni manisan tangkwe, manisan kulit jeruk, agar-agar hunkwe dan rumput laut. Harga semangkuk ronde Jago berkisar dari Rp13.000 hingga Rp15.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya