SOLOPOS.COM - Paguyuban keluarga ahli waris Kanjeng Sunan Kalijaga Kadilangu Demak menggelar kegiatan ruwatan massal di Pendapa Notobratan Kasepuhan Kelurahan Kadilangu Demak, Minggu (13/8/2023). (demakkab.go.id)

Solopos.com, DEMAK-Paguyuban keluarga ahli Waris Kanjeng Sunan Kalijaga Kadilangu Demak menggelar kegiatan ruwatan massal di Pendapa Notobratan Kasepuhan, Kelurahan Kadilangu, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Minggu (13/8/2023).

Dalam ruwatan tersebut juga dilaksanakan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Muharso yang berjudul lakon Murwakala.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Kegiatan tradisi ruwatan ini merupakan suatu bentuk upacara atau ritual penyucian untuk membuang kesialan dengan menggunakan media pagelaran wayang kulit dengan lakon Murwakala, yang hingga saat ini masih dipercayai oleh masyarakat Kabupaten Demak guna melestarikan ajaran dari Kanjeng Sunan Kalijaga.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Yayasan Sunan Kalijaga Kadilangu Demak, Raden Kristiawan Saputra.  “Kegiatan tradisi ruwatan ini merupakan suatu bentuk upacara atau ritual penyucian untuk membuang kesialan dengan menggunakan meria pagelaran wayang kulit,” kata Kristiawan dikutip dari demakkab.go.id pada Selasa (15/8/2023).

Raden Kristiawan Saputra juga menyampaikan bahwa kegiatan ruwatan hari ini tidak hanya dari masyarakat Demak saja, namun juga dari masyarakat luar seperti Pati, Grobogan, Temanggung, Kudus, Jepara, Semarang, Magelang, Blora, Sumatera, Sragen, Jogja, Magetan,dan Rembang.

“Dengan jumlah 491 sukerta [orang yang belum sempurna sehingga perlu di ruwat] yang terdiri dari 343 KK,” jelas Kristiawan Saputra.

Untuk menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kadilangu Bripka Andri Utomo dan Babinsa Serma Sukarno hadir dan mengamankan kegiatan tersebut di Pendapa Notobratan Kasepuhan Kelurahan Kadilangu Demak Kota..

“Dengan bersinergitas menampilkan kesiapsiagaan bersama dengan babinsa dalam mengamankan jalannya kegiatan ruwatan ini, diharapkan tidak adanya gangguan yang terjadi dalam segala bentuk karena kegiatan ruwatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan kami babinsa serta bhabinkamtibmas siap untuk mengamankan jalannya kegiatan hingga selesai,” ujar Andri dikutip dari humas.polri.go.id pada Selasa (15/8/2023).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya