SOLOPOS.COM - Dekan FEB UKSW Salatiga, Dr. Yefta Andi Kus Noegroho, SE., MSi., saat memberikan sambutan dalam asesmen lapangan reakreditasi S1 Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UKSW. (Solopos.com/Humas UKSW)

Solopos.com, SALATIGA — Program Studi (Prodi) S1 Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menyelenggarakan Asesmen Lapangan Reakreditasi Senin-Selasa (3-4/4/2023).

Asesmen itu dilakukan Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA). Hadir sebagai asesor asesmen lapangan reakreditasi, yaitu Prof. Dr. Wilson Bangun, S.E., M.Si., dan Lina Salim, S.E., MBA, MA, Ph.D.

Dari pihak UKSW, hadir dalam acara pembukaan hari ini Dekan FEB, Dr. Yefta Andi Kus Noegroho, SE., MSi., Ak., CMA., CA; Wakil Dekan, Dr. Agus Sugiarto, SPd., MM; Kepala Departemen Manajemen, Albert Kriestian Novi Adhi Nugraha, S.E., M.M., Ph.D.

Selanjutnya, Ketua Program Studi (Kaprodi) S1 Manajemen, Imanuel Madea Sakti, S.E., M.Sc; Ketua Unit Penunjang Akademik (UPM) FEB, Dr. Supatmi, SE., MAk., Ak., CA; para pimpinan dan dosen FEB lainnya.

Dalam sambutannya, Rektor UKSW Salatiga, Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., mengapresiasi kepada seluruh tim yang telah menyiapkan siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (PPEPP) standar pendidikan tinggi yang lengkap.

Dinyatakannya, UKSW telah berkomitmen memfasilitasi Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dengan mengembangkan prodi berkelas internasional dan menjadi percontohan bagi fakultas lainnya.

“Saat ini UKSW juga sedang mencanangkan masuk QS Star Rating,” terang Rektor perempuan pertama UKSW ini.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW), Hari Sunarto, SE., MBA., Ph.D., yang turut hadir dalam acara itu, menyatakan harapan Prodi S1 Manajemen mendapat akreditasi tertinggi dari proses reakreditasi yang dilaksanakan.

“Dengan tangan terbuka, kami menyambut acara asesmen lapangan reakreditasi yang dilakukan tim asesor,” imbuhnya.

Rasa syukur dan ucapan terima kasih diutarakan Prof Dr. Wilson Bangun, S.E., M.Si., yang bertugas menjadi salah satu tim asesor asesmen lapangan reakreditasi. Ia juga mengungkapkan rasa bahagianya dapat ditugaskan di kampus Indonesia Mini yang sudah ia kenal sejak sekitar tahun 1980.

“UKSW adalah universitas yang terkenal sejak dahulu hingga saat ini. Harapan kita bersama, prodi ini mendapatkan hasil yang maksimal melalui proses yang akan kita kerjakan hari ini dan besok,” tandas asesor yang berasal dari Universitas Kristen Maranatha ini.

Ditemui di sela acara, Imanuel Madea Sakti, S.E., M.Sc., mengatakan persiapan secara matang telah dilakukan menuju reakreditasi. Hal itu mulai dari tim yang dibentuk, dokumen-dokumen yang diperlukan, hingga prasarana yang dimiliki prodi S1 Manajemen.

Keunggulan prodi S1 Manajemen sendiri antara lain International Class of Management and Accounting Program (ICMAP) yang merupakan kelas internasional.

“ICMAP merupakan komitmen kami menuju internasionalisasi selain student exchange, dan international conference yang juga menjadi program S1 Manajemen,” jelas Kaprodi S1 Manajemen UKSW itu.

Lebih lanjut, keunikan lainnya yaitu konsentrasi yang variatif yaitu manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen perkantoran, dan kewirausahaan.

Diterangkannya, komitmen S1 Manajemen maju ke arah internasional sudah dijalankan dan terus ditingkatkan.

“Tidak hanya segi pengajaran namun juga penelitian, publikasi dosen internasional, keterlibatan mahasiswa internasional, dan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) akan terus ditingkatkan,” terangnya.

S1 Manajemen juga terus mendukung dan mendorong dosen dan mahasiswanya dalam kegiatan program kreativitas mahasiswa (PKM) yang mengarah pada usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan pembelajaran di ruang kelas untuk membantu UMKM masyarakat.

“Mahasiswa tidak hanya belajar di kelas tetapi juga praktik secara langsung menjadi solusi bagi masyarakat sebagai creative minority,” tegasnya.

Saat ini, prodi S1 Manajemen telah mendapat akreditasi unggul dan menjadi anggota The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) yang bermarkas di Amerika Serikat.

“Harapannya, selain mempertahankan akreditasi unggul, S1 Manajemen akan mendapat akreditasi dari AACSB menyusul prodi S2 Manajemen yang telah mendapat akreditasi dari The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century organization (ABEST21),” imbuhnya.

Rekomendasi
Berita Lainnya