SOLOPOS.COM - Penjabat Wali Kota Salatiga, Sinoeng N., Rachmadi (kiri) saat mengikuti rapat pleno di Kemenparekraf RI untuk mengajukan sebagai Kota Gastronomi, Jumat (26/5/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga menghadiri rapat pleno hasil pengisian dossier UNESCO Creative Cities Network (UCCN) 2023 di ruang rapat lantai XIV, Gedung Sapta Pesona Jl. Medan Merdeka Barat No. 17-19, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (26/5/2023).

Rapat pleno tersebut digelar bersama Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf melalui Direktorat Infrastruktur Ekonomi Kreatif. Rapat pleno digelar dalam rangka mempersiapkan pengusulan nominasi anggota jejaring kota kreatif UNESCO atau UCCN.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Sebagai calon nominator kota kreatif dunia, Kota Salatiga mengajukan diri sebagai kota gastronomi. Saat pemaparan pengusulan nominasi anggota jejaring kota kreatif UNESCO 2023 kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) tersebut, Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N., Rachmadi didampingi Kepala Disbudpar Salatiga, Badan Promosi Pariwisata Daerah Kota Salatiga, akademisi dari UKSW Salatiga, dan peneliti dari UIN Salatiga.

Usai paparan, Sinoeng menegaskan gastronomi yang digaungkan Kota Salatiga ini bukan hanya pada lokalitas, melainkan secara internasional dan mendunia. Sehingga, peran pentahelix perlu terus ditumbuhkembangkan.

Selama ini, masukan dari akademisi, komunitas gastronomi, dan dari banyak pihak untuk Kota Salatiga dirasakan sangat luar biasa. Oleh karena itu, Pemkot Salatiga bertekad secara berkelanjutan melibatkan peran semua pihak pada event-event bulanan maupun tahunan.

“Yang tak kalah penting lagi pada gastronomi ini adalah tiga hal krusial yang harus diperhatikan, yakni soal varian, kemasan, dan promosi. Harapannya, Kota Salatiga sebagai kota kreatif dunia bidang gastronomi ini menjadi kerja bareng. Salatiga mungkin kecil wilayahnya, tapi besar peranannya,” tegas Sinoeng.

Selain Kota Salatiga, daerah lain yang juga melakukan rapat pleno secara bertahap adalah Kabupaten Ponorogo, Kota Bitung, Kabupaten Bantul, Kota Surakarta, dan Kota Depok.

Dalam hal ini, Kota Salatiga bersaing dengan Kota Bitung sebagai calon nominator kota gastronomi UCCN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya