SOLOPOS.COM - Soto Sokaraja Banyumas. (Istimewa/YouTube Domo Bramantyo)

Solopos.com, BANYUMASSoto Sokaraja merupakan soto khas Banyumas yang memiliki ciri khas sambal kacang dalam penyajiannya. Masyarakat Banyumas akrab menyebutnya dengan Soto Sokaraja.

Adanya sambal kacang tersebut membuat kuah soto Sokaraja ini menjadi lebih gurih dan khas. Dalam penyajiannya sambal kacang bisa dicampur bersama kuah ataupun secara terpisah.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Melansir dari berbagai sumber, sebenarnya resep soto Sokaraja khas Banyumas mengadopsi resep dari masakan Tiongkok. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya, sangat cocok dinikmati selagi hangat untuk menu sarapan.

Penasaran dengan rasanya? Anda bisa mencobanya di rumah karena bahan-bahannya mudah didapatkan lo. Simak resep soto Sokaraja berikut ini menurut resep dari YouTube channel Domo Bramantyo.

Bahan:

– 500 gram ayam.

– Air.

– 2 batang serai digeprek.

– 2 lembar daun jeruk-kecap manis secukupnya.

– Garam secukupnya.

– Gula secukupnya.

– Minyak goreng secukupnya.

Bahan Pelengkap:

– Suun.

– Tauge.

– Ketupat.

– daun bawang.

– Kerupuk warna-warni.

Bahan Bumbu Halus:

– 10 butir bawang merah.

-5 siung bawang putih.

– 3 butir kemiri digoreng.

– 1/2 sendok teh merica.

– 2 cm jahe.

– 2 cm kunyit.

Bahan Sambal Kacang:

– 150 gram kacang tanah goreng.

– 4 butir bawang merah.

– 3 siung bawang putih.

– 2 sdt air asam Jawa.

– 4 cabai rawit.

– Air.

– Gula merah secukupnya.



– Garam secukupnya.

– Minyak goreng secukupnya.

Cara membuat:

1. Haluskan semua bumbu halusnya, bisa diulek atau menggunakan blender supaya lebih halus.

2. Jika sudah halus, panaskan minyak lalu tumis bumbu hingga aromanya harum. Masukkan dua batang serai geprek dan dua lembar daun jeruk, lalu tumis kembali hingga benar-benar matang.

3. Selanjutnya siapkan air dan masak hingga panas atau sampai berbuih, lalu masukkan daging ayamnya. Saat daging ayam hampir matang, buang lemak-lemak dan kotoran yang muncul.

4. Masukan bumbu yang sudah tumis lalu aduk rata, tambahkan juga gula merah dan garam secukupnya. Lalu tunggu hingga matang.

5. Sambil menunggu matang, buat bumbu sambal kacangnya. Semua bumbu sambal haluskan bersamaan kecuali kacang tanah goreng.

6. Jika bumbu sambal kacang sudah halus, tumis hingga matang lalu masukkan kacang yang sudah dihaluskan tadi dan diaduk rata. Tambahkan gula merah dan garam secukupnya, air asam dan juga air. Tunggu hingga mengental.



7. Jika sudah matang semua, siapkan piring, masukkan dulu ketupat yang sudah dipotong kecil lalu ditambah suun, tauge, suwiran ayam yang tadi ikut direbus lalu digoreng.

Tambahkan juga sambal kacangnya dan terakhir siram dengan kuah sotonya hingga penuh. Lalu beri taburan bawang goreng dan jangan lupa kerupuk warna-warni yang membuat khas dari soto Sokaraja.

Bagaimana, tertarik mencobanya di rumah? Untuk membuat makanan khas Banyumas ini mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama.

Namun, jika Anda mengikuti sesuai resepnya dijamin waktu yang cukup melelahkan tadi akan terbayar dengan hasil masakanmu yang tak kalah enaknya dengan soto Sokaraja di Banyumas.





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya