SOLOPOS.COM - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Salatiga saat membuat pernak-pernik untuk merayakan Natal Minggu (24/12/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA – Suka cita perayaan Hari Raya Natal tidak hanya dinikmati oleh masyarakat umum tetapi juga warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Salatiga. Bahkan, demi menyambut Natal 2023, para warga binaan itu bekerja sama untuk membuat sebuah pohon natal lengkap dengan pernak-perniknya.

Para warga binaan memiliki cara tersendiri untuk persiapan merayakan natal dengan membuat hiasan pernak-pernik natal, di antaranya membuat hiasan sinterklas menggunakan styrofoam dan pohon natal.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

“Perayaan Natal kali ini, kami memfasilitasi WBP dengan penuh kreativitas dan cara unik tersendiri, yakni dengan membuat hiasan pernak-pernik natal,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Salatiga, Redy Agian, Minggu (24/12/2023).

Redy menjelaskan selain para warga binaan yang beragama Kristiani, dalam pembuatan penak-pernik natal itu juga dibantu teman-teman lain yang beragama Islam. Hal itu dilakukan untuk memupuk rasa persaudaraan dan toleransi selama berada di Rutan.

“Selain WBP Kristiani dalam rangka persiapan perayaan natal dan tahun baru ini, dibantu juga teman-teman lain yang beragama Islam untuk memupuk rasa persaudaraan dan toleransi di sini,” jelasnya.

Sementara itu seorang WBP yang menjadi koordinator, Reinhart, mengaku pembuatan pernak-pernik natal itu juga dibantu warga binaan lain yang non-Nasrani. Rein sapaannya mengaku senang atas bantuan dan dukungan kawan-kawan sesama penghuni sel dan petugas rutan. Ia menyebut hal itu sebagai wujud toleransi dan sikap saling menghormati yang terpupuk di lingkungan rutan.

“Kami sangat senang atas bantuan dari teman-teman dan dukungan dari Kepala Rutan serta petugas,” ujarnya.

Dalam Natal kali ini ada 19 narapidana atau warga binaan Rutan Kelas IIB Salatiga yang menerima remisi khusus. Selain itu, pelaksanaan ibadah Natal juga dimulai nanti malam secara virtual bersama Dirjen Pemasyarakatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya