SOLOPOS.COM - Ilustrasi serabi Ngampin, kuliner khas Ambarawa. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Solopos.com, UNGARAN — Ambarawa merupakan nama salah satu kecamatan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Tak hanya dikenal sebagai lokasi perlawanan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah, di Ambarawa juga banyak sederet tempat kuliner yang menggugah selera.

Ambarawa selama ini memang cukup populer. Selain menjadi jalur perlintasan lalu lintas dari Semarang menuju Yogyakarta atau sebaliknya, Ambarawa juga dikenal karena peristiwa bersejarah Palagan Ambarawa.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Tak hanya itu, di Ambarawa juga terdapat sejumlah destinasi wisata alam maupun wisata sejarah. Sebut saja Monumen Palagan Ambarawa, Museum Kereta Api, hingga Benteng Willem I.

Oleh karenanya tak heran jika Ambarawa juga menjadi daerah tujuan wisata para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Apalagi, daerah yang diapit Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran ini juga dekat dengan wisata alam seperti Danau Rawa Pening dan kawasan Bandungan.

Menjadi daerah yang punya banyak potensi wisata, Ambarawa pun memiliki aneka kuliner yang menggugah selera. Berikut deretan kuliner khas di Ambarawa yang cocok dijadikan buah tangan maupun dinikmati saat berkunjung ke daerah tersebut.

1. Serabi Ngampin

Serabi merupakan jajanan tradisional Indonesia yang diperkirakan sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram. Serabi pun terdapat di berbagai daerah di Indonesia dengan ciri khas masing-masing.

Nah, di Ambarawa juga terdapat serabi khas daerah tersebut. Serabi itu adalah serabi Ngampin yang merupakan kuliner khas di Ambarawa.

Serabi Ngampin ini banyak dijual oleh penjual makanan yang mendirikan warung dagangan di sepanjang jalur Ambarawa-Magelang, tepatnya di Desa Ngampin. Para penjual itu biasanya menjajakan serabi di warung berukuran 2×3 meter.

Seperti layaknya kue serabi pada umumnya, serabi Ngampin yang menjadi kuliner khas Ambarawa ini jugaa dibuat dari olahan tebung beras yang dikukus dengan tungku. Namun yang membedakan serabi Ngampin dengan serabi dari daerah lain adalah ukurannya yang kecil-kecil dan disajikan dengan kuah dari santan.

2. Tahu Serasi

Tahu Serasi banyak dikenal sebagai jajanan khas Bandungan, atau kecamatan yang letaknya bersebelahan dengan Ambarawa. Meski demikian, tahu serasi juga banyak dijual di Ambarawa dan menjadi kuliner khas daerah itu.

Tahu serasi ini tergolong jajanan yang istimewa. Berbeda dengan tahu kebanyakan, tahu sersi dibuat tanpa bahan pengawat dengan rasa yang gurih dan tekstur yang lembut.

3. Pecel Mbok Kami

Pecel Mbok Kami merupakan warung pecel yang cukup populer di Ambarawa. Warung pecel ini terletak di Jalan Gua Maria, Dusun Kerep, Kelurahan Pajang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Saat akhir pekan, warung Pecel Mbok Kami ini selalu dipenuhi pembeli baik dari dalam maupun luar wilayah Ambarawa. Pecel ini sepintas memang tidak jauh beda dengan pecel pada umumnya. Meski demikian, yang membedakan Pecel Mbok Kami dengan pecel lain adalah kualitas sambal kacangnya yang memiliki cita rasa khas.

Selain itu, pilihan lauk pauk di Warung Pecel Mbok Kami terbbilang komplet. Mulai dari bakwan, mendoan, tahu, sate usus, sate telur puyuh, sate kerang, hingga martabak, disajikan di warung kuliner yang sayang dilewatkan jika singgah di Ambarawa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya