SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalur Pantura Demak-Kudus yang rusak akibat banjir. (Solopos.com-Antara/Aji Styawan)

Solopos.com, SEMARANG — Dirlantas Polda Jawa Tengah (Jateng), Kombes Pol Sonny Irawan, memastikan perbaikan jalur Pantura antara Kabupaten Demak dengan Kabupaten Kudus yang rusak akibat banjir telah selesai sebelum April 2024.

“Kepolisian sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional tentang kerusakan jalan Pantura akibat banjir tersebut,” kata Sonny, Rabu (27/3/2024).

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Menurut dia, terdapat ruas jalan sepanjang 500 meter yang aspalnya terkelupas akibat banjir Demak. Perbaikan jalan di KM 41 hingga 45 ruas Pantura Demak-Kudus yang aspalnya mengelupas itu, kata dia, mulai diperbaiki pada 27 hingga 30 Maret 2024

“Selama pengaspalan ulang telah disiapkan rekayasa lalu lintas berupa penerapan jalur lawan arah,” katanya.

Adapun kerusakan lain akibat banjir di jalur mudik Lebaran itu, kata dia, berupa jalan berlubang yang juga akan dilakukan perbaikan. Ia memastikan sebelum April 2024, seluruh ruas jalan di Jawa Tengah siap digunakan untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024.

“Semua menjadi perhatian, mulai jalan tol, jalur Pantura, tengah, maupun selatan,” katanya.

Termasuk, lanjut dia, kesiapan jalur alternatif jika ancaman bencana banjir kembali melanda.

Ia menambahkan sekitar 1,8 juta pemudik akan melintas masuk Jawa Tengah melalui jalur tol. Ia memastikan kesiapan pengelola jalan tol dalam menghadapi peningkatan jumlah lintasan harian kendaraan saat arus mudik yang mencapai 4 persen dibanding tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya