SOLOPOS.COM - Kelezatan yang menggoda dari kotokan gereh tongkol dengan perpaduan kuah kuning oranye dan irisan cabai pedas. Kotokan gereh tongkol merupakan kuliner khas Pati. (Istimewa/Instagram @arsanti96)

Solopos.com, PATI — Kabupaten Pati, Jawa Tengah menjadi destinasi istimewa bagi para pencinta kuliner. Tak dapat disangkal, kuliner nasi gandul dan mangut kepala manyung yang lezat telah menjadi ikon kuliner dari Kabupaten Pati.

Namun ternyata Pati tak hanya berkutat di kedua kuliner tersebut. Pati memiliki segudang kuliner yang menjadi bukti kekayaan cita rasa yang dimiliki daerah ini.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Kuliner yang tak kalah menarik perhatian adalah kotokan gereh tongkol. Di tengah kepopuleran nasi gandul dan mangut kepala manyung, kotokan gereh tongkol muncul sebagai kuliner tersembunyi yang patut diperhitungkan.

Kotokan gereh tongkol adalah kuliner laut dengan sentuhan khas Pati yang menggabungkan bumbu-bumbu khas dengan cita rasa lezat. Bagi para pencinta rasa pedas yang tak pernah gentar menghadapi tantangan rasa, kuliner yang satu ini wajin dicoba.

Dengan bahan dasar utama, yaitu tongkol yang telah diasinkan, hidangan ini memadukan cita rasa ikan laut dengan sensasi lembutnya santan. Dengan proses memasak yang mudah, kuliner ini cocok dihidangkan sebagai menu sehari-hari tanpa perlu usaha berlebihan dalam penyajiannya.

Langkah-langkah sederhananya dimulai dari menggoreng setengah kering ikan tongkol yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong. Kemudian dilanjutkan dengan menumis bumbu halus yang menggabungkan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, lengkuas, serta terasi.

Ketika aromanya sudah harum, campurkan santan dan bumbu penyedap serta masak hingga mendidih. Tongkol asin pun dimasukkan ke dalam campuran ini, dibiarkan matang secara merata dan hasilnya adalah kotokan gereh tongkol yang siap menggoyang selera.

Dihidangkan bersamaan dengan nasi panas, tampilan dan aroma kotokan gereh tongkol menggoda siapapun yang melihatnya. Perpaduan indahnya warna kuah kuning dan oranye serta rasa pedas dan gurihnya santan bercampur padu menggugah selera.

Kombinasi antara ikan laut dan santan dalam kotokan gereh tongkol juga membawa manfaat nutrisi yang beragam. Kedua bahan tersebut kaya akan protein dan lemak sehat yang baik untuk kesehatan.

Kotokan gereh tongkol merupakan hidangan yang sangat fleksibel dan cocok untuk berbagai suasana. Hidangan ini selalu sempurna untuk dinikmati baik saat santai di rumah, makan siang bersama keluarga, ataupun saat makan malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya