SOLOPOS.COM - Limun Oriental Pekalongan. (Istimewa/Instagram @bikinagih.batang)

Solopos.com, PEKALONGAN — Jelajah kuliner Pekalongan merupakan salah satu yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Kota Batik ini.

Kuliner Kota Pekalongan yang cukup beragam, mulai dari tradisional hingga modern dapat Anda temukan di sini. Tak hanya makanan, minuman khas dari Pekalongan pun masih banyak diminati. Salah satunya adalah limun oriental.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Masyarakat Pekalongan sering menyebut minuman ini dengan sebutan limun beruap, sebab dalam racikannya yang terdiri dari asam sitrat, sari buah, dan karbondioksida. Minuman ini juga kerap dijadikan buah tangan ketika berkunjung ke Pekalongan.

Di Pekalongan sendiri terdapat satu penjual limun orential yang sudah melegenda. Namanya adalah Limun Oriental Cap Nyonya Silhuet.

Dilansir dari visitjawatengah.jatengprov.go.id pada Jumat (9/6/2023), Limun Oriental Cap Nyonya Silhuet sudah berdiri sejak 1920. Lokasi produksi minuman ini bisa dibilang cukup stategis, yaitu berada di area pusat budaya Kota Pekalongan, Jetayu.

Di Pekalongan, biasanya limun oriental dijadikan sebagai salah satu suguhan saat Lebaran ataupun minuman ringan anak-anak.

Warnanya yang berwarna-warni terlihat sangat menggoda untuk dicicipi. Variasi rasa limun oriental ini jiga sangat beragam yang tentunya menyegarkan untuk diminum setelah menjalani aktivitas. Varian rasanya di antaranya ada jeruk, nanas, sirsak, kopi, frambos, dan masih banyak lagi.

Saat berkunjung ke kedai Limun Oriental Cap Nyonya Silhuet, pengunjung tak hanya akan disuguhkan kesegaran dari minuman beruap. Namun Anda akan diajak melihat proses pembuatan minuman ini secara langsung.

Resep limun oriental di kedai ini konon dipelajari langsung dari Belanda. Tak heran juga kalau minuman ini memiliki julukan “Aer Belanda”.

Kini, Limun Oriental Cap Nyonya Silhuet sudah memasuki usia lebih dari satu abad. Tentunya bukan perjalanan yang mudah bagi limun oriental untuk tetap eksis hingga sekarang.

Satu hal yang mereka tanamkan sejak dulu ialah tetap mempertahankan keotentikan dalam menjaga kualitas rasa dan kualitas minuman legend ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya