SOLOPOS.COM - Sego Pager khas Grobogan. (Istimewa/alif.id)

Solopos.com, GROBOGAN — Siapa sih yang tidak kenal dengan pecel? Ya, makanan ini memiliki ciri khas nasi dipincuk yang diguyur sambal kacang bersama kuluban.

Ada yang beda nih dengan pecel khas Grobogan satu ini. Sego pager namanya, sekilas mirip dengan pecel tapi dalam sajiannya ada urap dan diberi taburan petai Cina.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Sego pager merupakan makanan khas dari daerah Grobogan, Jawa Tengah, tepatnya berasal dari Kecamatan Godong. Informasi dari Dinas Lingkungan Hidup Grobogan pada 2020, makanan ini juga pernah menjadi salah satu kuliner favorit di Grobogan.

Menurut filosofinya, dinamakan sego pager karena bahan-bahannya diambil dari tumbuhan yang biasa hidup di pagar atau yang ada di pekarangan rumah masyarakat daerah setempat pada zaman dahulu. Banyak yang tidak tahu sebenarnya asal-usul dari sego pager ini merupakan gabungan dari pecel dan gudangan atau urap.

Sayur yang digunakan sebagai pelengkap sego pager ini sendiri pun tak jauh beda dari sayuran pada nasi pecel dan urap, yaitu seperti daun singkong, daun pepaya, cambah atau taoge, kacang panjang, serta daun kenikir.

Semua sayur tersebut kemudian direbus sampai matang kemudian diiris lembut. Setelah itu, dicampur rata bersama sambal kelapa parut.

Untuk penyajiannya juga seperti nasi pecel. Nasi dipincuk dengan daun pisang. Lalu diberi urap yang sudah diracik tadi ditambah dengan taburan serundeng.

Kemudian diguyur dengan kentalnya sambal kacang yang khas. Terakhir ditaburi biji lamtoro (petai cina).

Agar semakin nikmat, menyantap sego pager dapat ditemani aneka gorengan, seperti mendoan, bakwan, tahu isi, dan lain-lain. Disandingkan dengan minum segelas teh hangat terasa lengkap sudah untuk menikmati sajian sego pager yang tak kalah nikmat cita rasanya ini.

Sego pager cocok dinikmati pada pagi hari sebagai menu sarapan untuk memulai aktivitas. Anda cukup merogoh kocek senilai Rp5.000 untuk dapat menu khas dari Grobogan, Jawa Tengah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya