SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Kawasan Olahraga Jatidiri, Kota Semarang, Selasa (20/6/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng).

Solopos.com, SEMARANG — Gelanggang Olahraga (GOR) Jatidiri Semarang memiliki sejarah panjang. Keberadaan GOR ini berada di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur.

Kawasan olahraga tersebut dibangun menggunakan anggaran sekitar Rp 1,1 triliun. Peresmian kawasan olahraga ini dilakukan Ganjar Pranowo, Selasa (20/6/2023). Saat itu, Ganjar Pranowo masih menjabat sebagai gubernur Jateng.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Di dalam kawasan ini juga terdapat Stadion Jatidiri yang menjadi markas tim PSIS Semarang. stadion berkapasitas 45.000 orang itu tergolong 10 stadion terbesar di Indonesia.

Mulanya, stadion dibangun di era pemerintahan Gubernur Jateng, Muhammad Ismail dan diresmikan tahun 1991. Di tahun 2016 dimulainya renovasi stadion oleh Pemprov Jateng melalui Ganjar Pranowo selaku gubernur.

Kembali ke sejarah GOR Jatidiri Semarang. Saat meresmikan pada Juni 2023, Ganjar Pranowo selaku gubernur berharap kawasan olahraga Jatidiri dapat memberikan manfaat lebih banyak untuk para atlet. Untuk itu, ia meminta fasilitas kawasan olahraga Jatidiri dikelola dengan baik.

“Saya minta manajemennya mengelola dengan baik agar fasilitas yang sudah dibangun dengan susah payah dan tidak murah ini betul-betul terawat dan fungsional. Sehingga atlet-atlet yang bermain di sini bisa mendapatkan tempat yang bagus untuk bisa beprestasi,” kata Ganjar dikutip dari jatengprov.go.id pada Jumat (20/10/2023).

Di waktu sebelumnya, saat Ganjar mengecek perkembangan GOR Jatidiri Semarang pada Senin (6/7/2020) mengutarakan pembangunan dan renovasi sejumlah fasilitas olahraga di GOR tersebut diharapkan dapat memacu semangat para atlet di Jawa Tengah. Ia meminta semua atlet semakin termotivasi untuk berprestasi dan membawa nama harum Jawa Tengah.

“Dengan selesainya pembangunan stadion, kolam renang, lapangan tenis dan lapangan sepatu roda ini, diharapkan atlet kita semakin berprestasi. Saya beberapa waktu lalu ke Padang dan melihat atlet sepatu roda kita juara umum di sana. Semoga atlet kita jadi tambah hebat-hebat, dengan selesainya pembangunan fasilitas di sini,” tegasnya.

Demikian tadi sejarah singkat perkembangan GOR Jatidiri Semarang yang sudah direnovasi Pemprov Jateng dengan menelan anggaran hingga Rp1,1 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya