SOLOPOS.COM - Ketua PW Muhammadiyah Jawa Tengah KH Tafsir (tengah), didampingi Sekretaris PWM Jateng Dodok Sartono (kiri), dan Bendahara PWM Jateng Prof Sofyan Anif, usai Musyawarah Wilayah Muhammadiyah Jateng, di Kota Tegal, Minggu (5/3/2023). (ANTARA/HO-Dok PWM Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Musyawarah Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah Periode Muktamar ke-48 yang digelar di Kota Tegal sejak 3 Maret 2023 telah usai. Dalam musyawarah tersebut, K. H. Tafsir terpilih lagi sebagai Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng periode 2022-2027.

Dalam keterangan tertulis, Minggu (5/3/2023), Tafsir sebelumnya terpilih sebagai salah satu dari 13 anggota PW Muhammadiyah Jateng dari 39 calon yang dipilih di Musywil. Tafsir mendapatkan suara tertinggi yakni 1.365 suara.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Ke-13 anggota PW Muhammadiyah tersebut kemudian menggelar rapat pleno atau bermusyawarah untuk memilih Ketua dan Sekretaris PW Muhammadiyah hingga terpilih Tafsir sebagai ketua, dan Dodok Sartono sebagai sekretaris.

Adapun dalam beberapa waktu ke depan, Anggota Pleno PW Muhammadiyah Jateng akan merumuskan struktur unsur pembantu pimpinan, baik majelis, lembaga, maupun biro.

Sebagaimana diketahui, K. H. Tafsir sebelumnya merupakan Ketua PW Muhammadiyah Jateng periode 2015-2020. Karena pandemi Covid-19, jabatan kepengurusan diperpanjang hingga 2022.

Sedangkan Dodok Sartono sebelumnya sukses mengemban amanah sebagai Ketua Lazismu Jateng, kemudian Sofyan Anif yang terpilih sebagai bendahara merupakan Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Ketua Panitia Pemilihan Musywil Muhammadiyah Jateng, Wahyudi, mengatakan pemilihan menggunakan sistem “e-voting” sehingga hasilnya bisa langsung diketahui begitu pemungutan suara usai.

Ada 39 calon tetap Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng yang dipilih hingga tersaring 13 pimpinan harian, pada musywil oleh sebanyak 1.467 pemilik hak suara, dari 1.441 utusan yang hadir.

Dari 1.467 pemilik hak suara itu, terdiri atas 1.441 dari pimpinan cabang dan pimpinan daerah (PD) Muhammadiyah, 12 pimpinan wilayah Muhammadiyah, dan 14 dari organisasi otonom.

Pemilik suara terbanyak dalam pemilihan tidak langsung otomatis menjadi Ketua PW Muhammadiyah Jateng, namun harus bermusyawarah bersama dengan 12 pimpinan harian yang telah terpilih.

Terpilihnya 13 Anggota PWM Jawa Tengah menjadi pengujung agenda musywil yang dilaksanakan setelah tertunda Covid-19 selama dua tahun. Berikut 13 Anggota Pleno PWM Jawa Tengah Periode 2022-2027:
1. Dr. KH. Tafsir, M.Ag.
2. Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si.
3. Drs. Wahyudi, M.Pd.
4. Dr. KH. Rozihan, S.H., M.Ag.
5. Dr. Ibnu Hasan, M.SI.
6. dr. Ibnu Naser Arrohimi, S.Ag., M.M.R.
7. Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd.
8. Drs. H. Jumari
9. Dr. A. Hasan Asy’ari Ulama’I, M.Ag.
10. Prof. Dr. M. Abdul Fattah Santoso, M.A.
11. Dodok Sartono, S.E., M.M.
12. Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy
13. M Abduh Hisyam, S.Ag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya