SOLOPOS.COM - Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto resmi menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jawa Tengah (Jateng). (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto resmi menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jawa Tengah (Jateng). Ia menggantikan Kombes Pol. M. Iqbal Al Qudusy yang berpindah tugas menjadi Dirlantas Polda Aceh.

Sebelum mengemban tugas baru ini, Perwira Menengah (Pamen) tersebut sempat menjabat sebagai Kabidhumas Polda Bali dan Kabidhumas Polda Sumatra Barat (Subar).

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Satake Bayu merupakan pria kelahiran Bekasi pada 1969. Namun masa pendidikanya dari SD hingga SMA banyak dihabiskan di Magelang, Jawa Tengah.

Kemudian pada 1988, Satake Bayu tamat SMA dan mengikuti tes di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri). Kendati demikian, ia gagal di seleksi terakhir.

“Kemudian saya mengulangi lagi tahun depan dan lulus [di kepolisian 1992]. Kemudiam mengenakan seragam polisi pertama kali di Polda Nusra, wilayah Bali,” kata Kombes Pol. Satake saat mengenang karier perjalananya seusai serah terima jabatan (Sertijab) di Mapolda Jateng, Kamis (20/7/2023).

Sebelum mengemban jabatan sebagai Kabidhumas, lulusan perguruan tinggi ilmu kepolisian (PTIK) tahun 2000 ini tercatat pernah beberapa kali perpindah tugas dan jabatan di wilayah lainya.

Di antaranya sebagai Kapolsek Manggis Polres Karang Asem Polda Bali pada 1994, Kapuskodal Ops Polres Kotawaringin Timur Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) pada 2001, Kabag Bindiklat Polda Sulawesi Urata (Sulut) pada 2008, Kabid Humas Polda Sumatra Barat pada 2019, Kabid Humas Polda Bali pada 2022, kemudian pada 2023 ini di Kabidhumas Polda Jateng.

“Saya menikmati dan melaksanakan tugas dimanapun saya berada. Ini ketiga kalinya menjabat sebagai Kabidhumas. Di sini [Polda Jateng], saya akan meneruskan hal-hal yang dilaksanakan pejabat lama, terutama kegiatan positif bersama media,” kata anak kedua dari lima bersaudara itu.

Sekadar informasi, Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto dikaruniai tiga orang anak. Di mana dua di antaranya telah meneruskan jejak sang ayah menjadi polisi dan satunya masih menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya