SOLOPOS.COM - Prof. S. Martono (kedua dari kanan) berfoto bersama seusai Rapat Senat Unnes yang menetapkannya sebagai rektor terpilih periode 2022-2026 di Gedung Rektorat Unnes, Rabu (22/6/2022). (Solopos.com-Humas Unnes)

Solopos.com, SEMARANG — Profesor Martono terpilih sebagai sebagai Rektor Universitas Negeri Semarang atau Unnes periode 2022-2026 dalam Rapat Senat Unnes yang digelar di Gedung Rektorat Unnes, Rabu (23/6/2022). Prof. Dr. S. Martono mengungguli dua kandidat lainnya, yakni Dr Amir Mahmud SPd MSi dan Dr. dr. Mahalul Azam MKes.

Dalam Rapat Senat Unnes itu, Prof. Dr. S. Martono unggul telak atas dua pesaingnya. Ia meraih 87 suara, mengungguli Dr. Amir SPd MSi yang meraih 6 suara dan Dr. dr. Mahalul Azam dengan 5 suara.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

“Berdasarkan hasil pemungutan suara senat dan suara dari menteri atau kuasa menteri, hasilnya Prof. Dr. S. Martono MSi memeroleh 87 suara, Dr Amir SPd MSi memperoleh 6 suara dan Dr dr Mahalul Azam MKes 5 suara. Atas perolehan suara terbanyak itu, calon Rektor Unnes terpilih adalah Prof. Dr. S. Martono,” ujar Ketua Senat Unnes, Dr. Ir. Sucipto, Rabu (22/6/2022).

Sekadar informasi, penetapan hasil pemungutan suara yang digelar Senat Unnes ini merupakan tahapan akhir dari proses Pemilihan Rektor Unnes periode 2022-2026. Rektor terpilih, setelah ini akan menjalani pelantikan yang digelar pada 26 Oktober mendatang.

Sementara itu, Rektor Unnes saat ini, Prof. Dr. Fathur Rokhman, mengatakan rektor yang terpilih merupakan putra terbaik Unnes. Ke depan, rektor baru akan menghadapi tantangan perguruan tinggi yang semakin besar, serta menahkodai perjalanan Unnes dalam berkontribusi memajukan negeri.

Baca juga: Salahi Aturan, Pemilihan Calon Rektor Unnes Dianulir

“Semoga amanah tersebut dapat dijaga dan ditunaikan dengan baik, mampu mengantar Unnes mencapai prestasi terbaik sebagai universitas berkelas dunia kebanggaan Indonesia,” ujar Fathur.

Fathur mengatakan selain perubahan besar yang dibawa di era disrupsi, perguruan tinggi juga memiliki tantangan besar dalam mempersiapkan diri dalam proses transformasi yang panjang. Pihaknya sangat berharap Unnes dapat berkontribusi besar dalam mewujudkan kemajuan bangsa dan negara.

“Dalam konteks itulah kepemimpinan menjadi sangat penting,” imbuh Rektor Unnes itu.

Baca juga: Dugaan Korupsi Dosen, Mahasiswa Unnes Datangi Polrestabes Semarang

Lebih lanjut, Fathur menilai kepemimpinan yang tangguh, cerdas dan ikhlas akan membawa Unnes mampu menghadapi tantangan era global. Hal tersebut tentunya menjadi bekal Unnes dalam mewujudkan cita-cita dan visi misinya.

Dalam Rapat Senat Unnes yang memilih rektor periode 2022-2026 ini terdapat 65 suara dari Senat dan 34 suara dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristekdikti). Namun dari 65 anggota senat ada satu yang tidak hadir karena sedang menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya