SOLOPOS.COM - Kapal nelayan terbakar di Pelabuhan Jongor, Tegal, Jawa Tengah, Senin (14/8/2023) malam. Puluhan kapal. nelayan berukuran besar diatas 30 GT yang bersandar di pelabuhan itu terbakar dan hingga kini masih dalam penanganan pemadaman oleh petugas pemadam kebakaran dan TNI/Polri. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/hp.

Solopos.com, TEGALKebakaran dahsyat terjadi di Pelabuhan Jongor, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah (Jateng), Senin (14/8/2023) malam. Total, terdapat 52 kapal hangus terbakar dari yang sebelumnya hanya 30 kapal.

Saat ini, tim forensik yang akan bekerja bersama Satuan Reserse Kriminal Polres Tegal Kota telah diterjunkan ke lokasi kejadian untuk mencari tahu penyebab kebakaran tersebut.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Hal itu diungkapkan Direktur Kepolisian Perairan dan Udara (Dirpolairud) Polda Jateng, Kombes Pol. Hariadi, kepada Solopos.com, Selasa (15/8/2023). Ia mengatakan, tak ada korban jiwa atas peristiwa kebakaran hebat pada Senin malam itu.

“Update terakhir, ada 52 Kapal terbakar. Untuk penyebab kebakaran, masih didalami Tim Labfor Polda Jateng,” ujar Kombes Pol Hariadi.

Pascakebakaran, lanjut Dirpolairud, seluruh jajaran, baik dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal hingga Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah tengah melakukan pembahasan lebih lanjut. Sebab, kebakaran dahsyat kali ini bukan kali pertama terjadi.

Kebakaran kapal juga pernah terjadi di waktu sebelumnya, yakni pada awal tahun 2022 lalu. Waktu itu, sekitar 13 kapal milik nelayan yang tengah bersandar terbakar.

“Tadi kami sudah rapat, dihadiri Dirpolairud Polda Jateng, Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi, Danlanal Tegal, Kapolres Tegal, dan pihak terkait untuk menata kembali Pelabuhan Tegal Sari [Jongor] agar ke depannya lebih aman dan nyaman untuk para nelayan,” ungkapnya.

Sekadar informasi, daftar 52 kapal yang terbakar di Pelabuhan Jongor, Tegal, di antaranya milik H. Jaroh (5 kapal), Rena (3 kapal), H. Lani (5 kapal), H. Surya (1 kapal), H. Suryadi (1 kapal), H. Sumi (2 kapal), H. Sahro (2 kapal), H. Durono (1 Kapal).

Selanjutnya, Wasno (1 Kapal), Cipto (1 kapal), H. Leman (3 kapal), Sidur (2 kapal), H. Sudin (1 kapal), H. Rais (4 kapal), H. Isa (5 kapal), Yono (3 kapal), H. Riswanto (1 kapal), Awi (1 kapal), Hario (1 kapal), Ade Purwanto (1 kapal), Kastijah (1 kapal), H. Supri (2 kapal), Gimin (1 kapal), Tarto (1 kapal), H. Kroni (1 kapal), dan Ook (1 kapal).

Diberitakan sebelumnya, Kebakaran dahsyat melanda Pelabuhan Jongor, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah (Jateng), Senin (14/8/2023) sekirar pukul 19.00 WIB. Kebakaran itu pun mengakibatkan puluhan kapal milik nelayan yang tengah bersandar di pelabuhan terbakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya