SOLOPOS.COM - Kondisi Bandara Ahmad Yani Semarang pasca-bencana banjir melanda sejumlah wilayah di Kota Semarang, Sabtu (31/12/2022). (Solopos.com-PT AP I)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 13 penerbangan pesawat dari dan menuju ke Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mengalami keterlambatan akibat cuaca ekstrem yang menyebabkan banjir di sejumlah tempat di Kota Semarang, Sabtu (31/12/2022). Selain keterlambatan, terdapat juga satu penerbangan dari Banjarmasin tujuan Semarang yang akhirnya dialihkan ke Surabaya.

“Mengingat curah hujan masih tinggi dan terdapat genangan air di beberapa lokasi pada jalan menuju dan dari bandara, kami imbau kepada pengguna jasa untuk tetap berhati-hati,” ujar GM PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Kendati demikian, Hardi mengaku jika operasional di Bandara Ahmad Yani saat ini sudah kembali normal. Meski pun sejumlah penerbangan sempat mengalami keterlambatan atau delay akibat curah hujan yang tinggi dan cuaca buruk sejak Jumat (30/12/2022).

Ia juga memastikan kondisi di area terminal bandara saat ini terpantau lancar dan tidak terjadi penumpukan penumpang. Manajemen PT API serta seluruh stakeholder terkait juga telah berkoordinasi sehingga operasional bandara tetap berjalan dengan baik meski cuaca ekstrem.

Kini operasional bandara telah berjalan normal kembali dengan melayani keberangkatan pesawat pertama yaitu Wings Air IW 3806 tujuan Semarang – Pangkalan Bun pada pukul 12.20 WIB. Sedangkan kedatangan pesawat pertama pada hari Sabtu ini adalah Lion Air JT 506 dari Jakarta.

Sedangkan kondisi runway juga siap beroperasi dengan pemantauan oleh petugas, sehingga apabila terjadi kondisi yang mengganggu operasional penerbangan dapat segera dilakukan penanganan lebih lanjut.

Kendati demikian, cuaca ekstrem itu membuat genangan air atau banjir melanda sejumlah ruas jalan menuju bandara. Sebagai upaya mempermudah akses pengguna jasa dari dan menuju bandara, PT AP I menyediakan kendaraan penjemputan bagi penumpang yang tertahan di luar bandara.

“Kami berharap cuaca segera membaik sehingga kegiatan operasional bandara dapat berjalan lancar, aman, dan tentunya tetap nyaman. Sebagai upaya membantu akses para penumpang menuju bandara, manajemen PT Angkasa Pura I, Pangkalan Udara Utama Angkatan Darat Ahmad Yani Semarang, dan Satuan Korps Brimob Polda Jateng menyediakan kendaraan penjemputan bagi penumpang yang tertahan di luar bandara” tutup Hardi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya