SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu, saat meninjau kesiapan Semarang Night Carnival 2023, Senin (6/3/2023). (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG — Atraksi kesenian dan pariwisata tahunan, Semarang Night Carnival, tahun 2023 ini bakal lebih seru dibandingkan tahun-taahun sebelumnya. Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang telah mempersiapkan acara ini dengan matang lantaran perwakilan dari negara-negara sahabat akan turut hadir.

Wali Kota Semarang, Hevearita G. Rahayu, mengatakan Semarang Night Carnival atau SNC tahun ini akan beda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

“Diharapkan [SNC 2023] akan menjadi sebuah program yang akan semakin dikenal dan dijadikan contoh daerah-daerah lain, mengingat nanti ada tamu dari delegasi-delegasi kabupaten kota, bahkan dari luar negeri,” ungkap Ita, sapaan akrabnya pada Senin (5/3/2023).

Ita mengungkapkan, sejauh ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang telah menyiapkan penyelenggaraan Semarang Night Carnival 2023. Salah satunya melalui Workshop Pengenalan Tema SNC 2023.

Workshop tersebut akan dilakukan selama tiga hari ke depan, dan Wali Kota ingin lokakarya ini membantu peserta dalam menyesuaikan penampilan dengan tema yang ditetapkan.

Dalam workshop ini panitia juga telah merilis sejumlah detail kostum prototipe seperti karakter keris, chandelier, kipas dan lotus yang menjadi bagian tema besar SNC 2023, yakni The Luxury.

Untuk pelaksanaan Semarang Nigh Carnival rencana dilangsungkan pada 18 Mei 2023 di kawasan Kota Lama Semarang. “SNC ini merupakan rangkaian Hari Jadi Kota Semarang ke-476 sehingga menjadi satu rangkaian menutup HJKS yang bisa memberikan hiburan dan edukasi bagi masyarakat,” ungkap Ita.

Wali Kota perempuan pertama di Kota Semarang juga berpesan secara khusus kepada Disbudpar agar memastikan kesiapan semua hal. Salah satunya adalah faktor kenyamanan bagi penonton dan peserta.

“Lebih baik jaraknya pendek tapi nyaman, sehingga keindahan dari SNC ini kelihatan. Karena selama ini banyak penonton yang merasa tak nyaman dan estetika tontonannya kurang,” kata Ita.

Kepala Disbudpar Kota Semarang, Wing Wiyarso, berharap Semarang Night Carnival 2023 juga menjadi ajang pembinaan kesenian Semarang. “Saya tekankan kepada jajaran bahwa SNC tahun ini tidak hanya sebuah mahakarya. Namun, juga pembinaan dan pengarahan agar muda-mudi Kota Semarang mampu hidup dari hasil karya dan kelak menjadi seniman besar dunia,” tegas Wing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya