SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran. (Freepik)

Solopos.com, SEMARANG – Peristiwa kebakaran di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), semakin meningkat seiring masuknya puncak musim kemarau pada Agustus 2023. Berdasarkan data Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang selama tiga bulan terakhir, Mei-Juli, tercatat sudah ada sekitar 77 peristiwa kebakaran di ibu kota Provinsi Jawa Tengah itu.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang, Nur Kholis, membenarkan bila terjadi peningkatan kasus kebakaran menjelang puncak musim kemarau. Perinciannya pada bulan Mei ada 19 kasus kebakaran, Juni 25 kasus, dan Juli 33 kasus.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

“Lumayan meningkat kebakaran yang di luar gedung (lahan). Karena banyak melibatkan ilalang rumput atau sampah. Mei ada 8 kasus [kebakaran lahan kosong], Juni 8 kasus, dan Juli 14 kasus,” ungkap Kholis kepada Solopos.com, Rabu (2/8/2023).

Kholis menjelaskan, peningkatan kasus kebakaran itu baru terjadi akhir-akhir ini atau menjelang akhir Juli. Ia juga membenarkan bila cuaca panas juga menjadi salah satu pemicunya.

“Kemudian itu kan kebanyakan lahan-lahan yang tidak dikelola atau tidak dihuni. Makanya rumput, ilalangnya mengering [karena cuaca panas], maka memicu kebakaran,” jelasnya.

Sebagai upaya antisipasi dini, Damkar Kota Semarang meminta baik pengelola lahan, pengembang, hingga masyarakat untuk senantiasa membersihkan rumput atau ilalang yang sudah mengering. Termasuk tidak membakar sampah secara sembarangan di lahan terbuka karena bisa merembet ke rumput-rumput kering hingga menyebabkan kebakaran besar.

“Terus paling tidak di lahan ada penjaganya. Sehingga kalau terjadi sesuatu itu ada yang menangani. Kemudian untuk yang dalam bangunan, waspada aliran listrik. Peralatan dan sambunganya harus standar. Bila tinggalkan rumah, pastikan sudah aman dan ada baiknya sediakan APAR (alat pemadam api ringan),” pintanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya