SOLOPOS.COM - Acara fashion show mewarnai kegiatan seminar parenting kekerasan terhadap anak yang digelar Persit Kartika Chandra Kirana Kodam IV Diponegoro di Makodam IV Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (16/12/2016). (Istimewa-Pendam IV Diponegoro)

Seminar parenting yang membahas kekerasan terhadap anak digelar para istri anggota TNI yang tergabung dalam Persit Kartika Chandra Kirana PD IV Diponegoro.

Semarangpos.com, SEMARANG – Maraknya kasus kekerasan terhadap anak di Jawa Tengah (Jateng) belakangan ini menyita perhatian para istri anggota TNI Kodam IV Diponegoro yang tergabung organisasi Persit Kartika Chandra Kirana PD IV Diponegoro. Oleh karenanya, saat menggelar pertemuan di Aula Makodam IV Diponegoro, Semarang, mereka pun menggelar seminar parenting yang membahas kekerasan terhadap anak baik yang terjadi di lingkungan keluarga maupun di luar rumah.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Seminar yang turut dihadiri Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD IV Diponegoro, Munik Jaswandi, itu menghadirkan salah seorang motivator dan juga trainer asal Jakarta, Reni Murni, CMHA, CBA, CHt, SNLP.C. Dalam seminar parenting itu Reni menjelaskan bahwa orang tua terkadang kerap melakukan kekerasan terhadap anak tanpa disadari.

“Sungguh tidak ada kasih sayang yang disertai dengan kekerasan. Kasih sayang hanya akan berarti jika disertai dengan kelembutan dan penghargaan,” tutur Reni dalam seminar parenting itu seperti dilansir Semarangpos.com dalam siaran pers dari Pendam IV Diponegoro, Jumat (16/12/2016).

Di hadapan peserta seminar parenting itu, Reni juga mengelompokan jenis-jenis kekerasan terhadap anak. Kekerasan terhadap anak itu, menurut Reni, bisa dilakukan melalui kata-kata, perasaan, fisik, dan secara pelecehan seksual. “Kekerasan akan berdampak pada proses perkembangan jiwa anak sejak kecil, bahkan hingga dewasa nanti,” tuturnya.

Untuk menumbuhkan mental yang kuat dan tangguh pada anak, Reni pun memberikan kiat-kiat khusus pada para peserta seminar parenting. Salah satu kiat itu adalah dengan memberikan pelukan kepada anak yang bisa mengurangi tekanan permasalahan si anak, memulihkan dan menstabilkan emosi, serta mempengaruhi psikologi anak.

Selain seminar parenting bertema kekerasan terhadap anak, dalam pertemuan Persit Kartika Chandra Kirana PD IV Diponegoro itu juga diisi berbagai kegiatan lain, seperti peragaan busana dan tata rias produk kecantikan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya