SOLOPOS.COM - Kendaraan dari arah barat memasuki GT Kalikangkung pada saat penerapan pemberlakuan one way yang sebelumnya sempat akan diberhentikan pada sabtu pagi. (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Kebijakan one way atau satu arah di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 47 hingga Tol Kalikangkung KM 414, Semarang, Jawa Tengah (Jateng), kembali berlanjut setelah sebelumnya sempat direncanakan dihentikan, Sabtu (30/4/2022) pagi.

Hal ini karena masih terpantau ada lonjakan arus kendaraan dari arah barat. Hal itu disampaikan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, saat diwawancarai Solopos.com, Sabtu (30/4/2022).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ia mengatakan untuk saat ini masih diberlakukan skema One Way di Kalikangkung. “Tadi pagi memang sempat disterilisasi, tapi masih ada lonjakan arus dari arah barat yang masuk ke Gerbang Tol Kalikangkung. Ahirnya one way nasional tetap diberlakukan,” kata Agus.

Dirlantas menyampaikan pemberlakuan one way lokal dari Kalikangkung, Semarang, menjuju pintu tol Banyumanik juga bersifat situasional. Artinya bergantung pada situasi kepadatan kendaraan.

Sementara itu, Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Terpadu Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang, Ipda Riyadi, menambahkan untuk saat ini memang masih menerapkan satu arah. Hal itu sesuai rencana yang ditetapkan pemerintah pusat.

Baca Juga: Hari Pertama One Way, GT Kalikangkung Semarang Terima 47.000 Kendaraan

“Rencana sampai malam nanti, tapi situasional. Nanti dilanjut kembali terakhir sampai tanggal 1 Mei, sesuai rencana,” imbuh Riyadi mengenai rencana pemberlakuan one way di GT Kalikangkung Semarang.

Untuk perkiraan lonjakan arus lalu lintas pada H-2 Lebaran, Sabtu, Kapospam memprediksi sudah tidak akan ada. Peningkatan volume kendaraan di GT Kalikangkung itu sudah terjadi pada Jumat.

“Jumat sampai malam, itu puncaknya arus mudik kemarin. Karena dari [Sabtu] pagi, yang lewat sini terlihat landai. Sekitar 4.000 [kendaraan]. Kemarin sampai 8.000, jadi puncaknya diprediksi hari Jumat sehabis jumatan itu,” ungkapnya.

Baca Juga: Arus Mudik Meningkat, One Way Tol Japek-GT Kalikangkung Diperpanjang

Meskipun telah diprediksi tak akan ada lonjakan, Kapospam tetap menyiapkan antisipasi apabila mengalami lonjakan pengguna tol Kalikangkung yang terjadi saat H-1 Lebaran. Jika terjadi penumpukan yang cukup panjang, jalur satu arah atau one way akan diperpanjang sampai di Tol Banyumanik, Kota Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya