SOLOPOS.COM - Masyarakat tengah asyik memancing sambil ngebuburit di Pelabuhan Kendal, Jawa Tengah, Minggu (17/3/2024) sore. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, KENDAL – Beragam cara dilakukan orang untuk sekadar melepas jenuh dan rasa lelah sembari menunggu waktu berbuka puasa alias ngabuburit, tak terkecuali masyarakat di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng).

Puluhan orang baik muda-mudi hingga dewasa, tampak asyik memancing dan bersenda gurau sembari menikmati sunset di Dermaga Pelabuhan Kendal.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Pelabuhan yang berlokasi di Kecamatan Kaliwungu ini memang menjadi spot favorit untuk mancing sambil ngabuburit.

Tak hanya itu, embusan angin pesisir dan deburan ombak yang mengantam karang, bakal membawa sensasi tersendiri saat menunggu waktu berbuka.

Bahkan jika beruntung, pengunjung bisa melihat kapal penyeberangan Kendal-Kumai yang bersandar.

Kemudian apabila cuaca mendukung, maka sunset bakal membawa sensasi tersendiri ketika berbuka.

Rian, 28, sengaja datang bersama istrinya, Septi, 32, di Pelabuhan Kendal untuk memancing pada Minggu (17/3/2024) sore. Ia berangkat dari Kota Semarang dan baru tiba sekitar pukul 16.30 WIB.

“Baru kali pertama ke sini [mancing di Pelabuhan Kendal]. Biasanya sih mancing di Tanjung Mas [Semarang]. Cuma ini kan masih banjir,” kata Rian kepada Solopos.com, Minggu.

Rian dan istrinya memang terlihat datang dengan niat dan perlengkapan penuh untuk ngebuburit sekaligus berbuka puasa.

Sebab, tak hanya menyiapkan pancing dan umpan, bekal berupa kudapan, minuman, hingga masakan dari rumah sudah dibawa untuk disantap ketika wakti buka tiba di Pelabuhan Kendal.

“Ke sini karena kayaknya tenang mancing di Pelabuhan Kendal. Nunggu umpan disambar [ikan] bisa santai ngobrol dan nikmati laut sama istri kan,” pungkasnya.

Hal serupa juga dilakukan Andi, yang datang bersama ketiga temannya dari Batang. Pria usia 26 itu mengaku Pelabuhan Kendal merupakan spot favoritnya ketika pergi mancing.

“Udah ke lima kali [mancing di Pelabuhan Kendal]. Ikan kerapunya besar-besar, mantap,” kata Andi.

Berbeda dengan Rian dan Istrinya, pria asli Batang itu hanya berniat ngebuburit di Pelabuhan Kendal. Sebab sebelum waktu berbuka, ia dan ketiga temannya bakal balik lagi ke Batang.

“Buka di jalan palingan. Soalnya nanti jam 17.00 WIB pada mau balik. Di sini emang nyantai aja niatnya,” tutupnya.

Sekadar informasi, Pelabuhan Kendal bisa dikunjungi masyarakat setiap hari. Tak ada biaya khusus memasuki Pelabuhan Kendal, namun untuk di dermaga pengunjung akan diminta tarif biaya seikhlasnya ketika melewati pintu masuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya