SOLOPOS.COM - ilustrasi. dok

ilustrasi. dok

Serangan hama di Temanggung masih jadi momok petani. Untuk mengantisipasi gagal panen, TNI ikut turun dalam gropyokan di sawah untuk membasmi tikus

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

 

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG- Puluhan anggota TNI ikut memberantas hama tikus di Desa Jlegong Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, untuk meningkatkan hasil produksi padi guna mewujudkan swasembada pangan.

Komandan Rayon Militer Candiroto Kapten Inf Subakir di Temanggung, Selasa (3/2/2015), mengatakan dalam rangka menjalankan tugas pokok TNI selain perang anggota Koramil Candiroto membantu warga memberantas hama tikus yang meresahkan warga.

“Kegiatan tersebut atas permintaan dari aparat Desa Jlegong agar kami ikut membantu gropyokan tikus,” katanya seperti dikutip Antara.

Selain TNI, gropyokan tikus tersebut juga melibatkan masyarakat, anggota Polri, dan petugas Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Temanggung.

Subakir mengatakan dengan dilakukannya kegiatan ini diharapkan populasi hama tikus di Desa Jlegong dan sekitarnya dapat berkurang dan dapat meningkatkan hasil pertanian sesuai dengan perintah Presiden untuk melakukan percepatan swasembada pangan khususnya di Temanggung.

Kades Jlegong Eko Suharno mengatakan dalam kegiatan tersebut sedikitnya 275 ekor tikus dapat ditangkap.

“Kami perkirakan tikus yang tidak tertangkap mati di sarang karena juga dilakukan pengasapan pada sarang-sarang tikus,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya