SOLOPOS.COM - Pemandangan perbukitan dan Embung Cangkring Kebumen. (Istimewa/Instagram @nice_shoot_aerial)

Solopos.com, KEBUMEN — Berbicara mengenai destinasi wisata di Kabupaten Kebumen, hampir dapat dipastikan pikiran kita akan langsung terpesona dengan keindahan pantainya yang memukau. Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini memang dikenal memiliki pantai-pantai yang memikat hati pengunjung.

Namun, perlu diingat bahwa Kebumen tak hanya memiliki keindahan pantainya. Terlepas dari kurangnya sorotan utama dalam hasil penelusuran destinasi wisata, Kabupaten Kebumen menawarkan sejumlah destinasi menarik yang layak dijelajahi.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Jika Anda memutuskan untuk menjelajahi daerah ini, Anda akan menemukan deretan tempat wisata yang patut dipertimbangkan. Keberagaman pemandangan alam, situs budaya, dan tempat-tempat bersejarah menambahkan nilai bagi pengalaman wisata Anda di Kebumen.

Salah satu destinasi wisata yang tak kalah menarik dari pantai adalah Embung Cangkring. Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Cangkring, Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen.

Letaknya yang berada di puncak bukit memungkinkan wisatawan untuk menatap keindahan alam perbukitan hasil tektonik kompleks Sungai Luk Ulo. Wisata Embung Cangkring ini merupakan spot wisata gugusan indah Geopark Karangsambung-Karangbolong.

Embung merupakan waduk atau telaga buatan yang digunakan sebagai tempat untuk menampung air hujan untuk memberikan pasokan air bagi warga sekitar, khususnya dalam hal mengairi sawah saat musim kemarau tiba.

Mayoritas masyarakat di wilayah ini berprofesi sebagai petani padi, jagung, kencur, hingga pohon durian. Jadi ketika wisatawan mengunjungi Embung Cangrking, wisatawan dapat melihat secara langsung penduduk desa bercocok tanam. Jika musim durian tiba, wisatawan juga dapat mencicipi secara langsung buah durian yang masak dari pohonnya.

Selain menyuguhkan bentang alam dan komoditas perekonomiannya, Embung Cangkring juga memiliki daya tarik wisata Situs megalitikum Menhir Watu Tumpeng Tanggul Asih yang terletak bersebelahan dengan embung ini.

Dengan banyaknya pesona wisata yang bisa dinikmati dan perjalanan yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Kebumen, Embung Cangkring bisa jadi alternatif tempat wisata jika berkunjung ke Kebumen.

Jika Anda beruntung, Anda akan disuguhkan pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang berdiri gagah menjulang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya