SOLOPOS.COM - Ilustrasi kampung terisolasi. (Freepik)

Solopos.com, CILACAP — Kabupaten Cilacap yang terdiri dari 24 kecamatan dengan 269 desa dan 15 kelurahan, merupakan kabupaten terluas di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Meski demikian, ada satu kelurahan di Cilacap yang hanya dihuni satu keluarga saja.

Kampung di Cilacap yang dihuni satu keluarga saja itu tak lain adalah Kampung Bunter di Desa Pamulihan, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap. Letak geografis Kampung Bunter yang terletak di atas perbukitan, dengan akses jalan yang sulit dan suhu udara yang dingin, menjadi alasan banyak keluarga yang meninggalkan kampun tersebut.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Dilansir dari salah satu video yang ditayangkan di Youtube, kampung di Cilacap ini dulunya cukup banyak penghuninya. Meski demikian, banyak penduduk yang mulai meninggalkan kampung itu dan pindah ke daerah lain yang akses jalan mudah dijangkau.

Terlebih lagi, setelah kampung ini dilanda bencana tanah longsor yang merusak sejumlah bangunan milik warga. Beberapa rumah di kampung ini pun hanya tersisa puing-puing bekas bangunan. Kampung Bunter di Cilacap ini mulai terbengkalai sejak tahun 2012.

Para penduduk yang terdampak bencana mulai memilih pindah. Hal itu pun membuat penduduk lainnya juga memutuskan pindah karena tak ingin terkena bencana susulan.

Kabarnya, ada sekitar 63 rumah penduduk di Kampung Bunter Cilacap yang tertimpa bencana tanah longsor sehingga memilih pindah ke daerah lain. Meski demikian, masih banyak penduduk yang pindah tetap berkunjung ke kampung tersebut untuk sekadar mengurus kebunnya.

Kendati sudah banyak warga yang pindah, kabarnya masih ada satu keluarga yang beranggotakan tiga orang yang memilih bertahan di Kampung Bunter Cilacap. Mereka enggan pindah karena alasan ekonomi.

Siapapun yang datang memijakan kaki ke Kampung Bunter akan merasa ngeri karena kesunyiannya dan tidak ada kehidupan yang sebagaimana mestinya, selain dihuni oleh 1 keluarga yang bertahan tersebut.

Suasana horor akan makin terasa apalagi jika sudah memasuki malam hari. Tidak hanya terkenal memiliki suhu yang sangat dingin, karena letaknya yang ada di perbukitan ini membuat lokasi kampung selalu dilanda hujan. Kabut juga akan turun begitu cepat menyelimuti kampung bak suasana kebanyakan di film-film horor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya