SOLOPOS.COM - Pengemudi ojek online (ojol) Dhanis Setianto saat membagikan selebaran untuk menarik masyarakat agar memilihnya, Kamis (8/2/2024). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, UNGARAN – Pesta demokrasi Pemilu 2024 saat ini terbuka untuk semua kalangan, tidak terkecuali kalangan pengemudi ojek online (ojol).

Salah satunya yang dilakukan Dhanis Setianto, 38, pria yang sehari-hari bekerja sebagai ojol ini nekat maju sebagai calon legislatif (caleg) dapil 5 (Ambarawa, Bandungan, Jambu, Sumowono) Kabupaten Semarang.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Dhanis mengaku, maju menjadi caleg karena tergerak ingin adanya perubahan di wilayahnya. Sebab selama bekerja sebagai ojol, dirinya sering mendapatkan keluhan dari masyarakat terkait persoalan pemerintah.

“Pas ngojek gitu sering dengar cerita dari ibu-ibu atau bapak-bapak yang mengeluhkan kondisi kehidupannya. Seperti jalan yang rusak, akses pendidikan, dan sulitnya mencari pekerjaan,” terang Dhanis saat ditemui Solopos.com, Kamis (8/2/2024).

Berawal dari seringnya dicurhati oleh penumpangnya itu, kata Dhanis, dirinya nekat nyaleg walaupun dengan modal seadanya. Selama kampanye, Dhanis hanya memiliki dana senilai Rp5 juta.

“Ya walaupun dananya (kampanye) cuma sedikit. Tapi saya terus bergerak dan yakin bisa menang,” terang Caleg dari PSI ini.

Dia mengaku memanfaatkan momen kampanye semaksimal mungkin untuk mencari dukungan masyarakat. Dukungan itu, disisir mulai dari keluarga dan rekan sesama Ojol. Selain itu, kepada penumpang yang menggunakan jasanya.

“Saya juga buat selebaran, kalau habis antar penumpang, saya berikan selebaran ini, kalau dapilnya sama. Juga saya berikan kalau ada orang yang berkumpul gitu. Jadi sekalian narik ojek, sekalian kampanye,” bebernya.

Selain berkampanye langsung dengan modal yang terbatas itu, kata Dhanis, ia juga memanfaatkan media sosial. Dari media sosial, ia berharap bisa menggaet pemilih pemula dan pemuda.

Dia juga berjanji ketika terpilih nantinya akan mengusulkan program-program untuk kebaikan masyarakat. Seperti mempermudah UMKM dalam perizinan dan inovasinya. Kemudian akses pendidikan dan infrastruktur.

“Karna sering dicurhati itu, saya sudah banyak mengantongi permasalahan yang dialami masyarakat. Salah satunya persoalan kemacetan di Jalan Jenderal Sudirman atau daerah pasar Projo Ambarawa. Jadi jika terpilih itu yang akan saya jalankan,” tandas Dhanis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya