SOLOPOS.COM - Anggota TNI Koramil Salatiga dan warga saat melakukan evakuasi ODGJ yang menganggu keamanan dan kenyamanan warga Kamis (1/2/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA – Lantaran sering mengganggu, seorang warga bernama Tri Sujatmiko, 52, yang mengidap gangguan kejiwaan (ODGJ) terpaksa dievakuasi oleh anggota TNI, petugas Puskesmas, dan Dinas Sosial untuk dirawat Rumah Sakit Jiwa.

Evakuasi warga tersebut dilakukan di Perum Manunggal RT 001/ RW 007 Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) Kamis (1/2/2024) sore.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Saat evakuasi Babinsa dan anggota koramil sempat kewalahan karena Tri melakukan perlawanan. Namun dengan dibantu oleh warga sekitar, Tri akhirnya berhasil dievakuasi dan langsung dirujuk untuk mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Magelang.

Komandan Koramil Salatiga, Kapten Agung Kartika mengaku, saat evakuasi awalnya Tri bersifat kooperatif karena yang meminta anggota TNI. Namun ketika hendak dimasukkan dalam mobil Tri menolak dan memberontak.

“Yang bersangkutan sempat mengamuk, saat mau dimasukkan ke mobil. Tapi anggota sigap langsung memegang tangannya dan dimasukkan ke mobil,” kata Agung, kepada Solopos.com, Jumat (2/2/2024).

Dikatakan, pengamanan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) itu dilakukan lantaran sering mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat.

“Yang bersangkutan selama ini membuat warga tidak nyaman, meresahkan, dan sering mengganggu warga. Di antaranya makan di warung tidak membayar, merusak barang sendiri serta orang lain. Setelah selesai mengamankan yang bersangkutan dirujuk ke RSJ Magelang oleh Dinas Sosial,” terang Agung.

Agung menyebut, pengamanan terhadap Tri sudah mendapatkan ijin dari pihak keluarga. Sebab keluarga juga merasa tidak nyaman dengan tingkah Tri yang sering mengganggu warga sekitar.

“Keluarga sudah memberikan ijin untuk dibawa ke rumah sakit jiwa di Magelang, sehingga kami berkoordinasi dengan kepala desa dan Dinas terkait. Sehingga kita bawa ke RSJ Magelang,” kata Agung.

Dikatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kedekatan anggota TNI dengan rakyat. Pihaknya mengaku siap sedia membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Seperti yang dilakukan anggotanya dengan membantu evakuasi ODGJ.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya