SOLOPOS.COM - Mantan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kiri) dan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sujadna (kanan), saat diwawancara awak media seusai serah terima jabatan di Gedung Gradhika Kota Semarang, Rabu (6/9/2023). (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANGGubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menyerahkan jabatannya kepada penjabat (PJ) Gubernur Jateng, Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana, saat upacara serah terima jabatan (sertijab) di Gedung Gradhika, Kota Semarang, Rabu (6/9/2023).

Sosok Nana yang dinilai mempunyai segudang pengetahuan itu diyakini Ganjar bisa membuat Jateng semakin lebih baik.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

“Beliau pernah bertugas di area Jateng. Pernah juga di Polda, sebagai Intel [Dirintelkam]. Semua tempat di Jateng pasti enggak asing, sampai ke pelosok-pelosok. Maka isnyaallah, komunikasinya tidak sulit karena beliau bukan sosok yang menakutkan. Integritas pasti tetap bisa terjaga,” kata Ganjar saat memberi sambutan, Rabu (6/9/2023).

Ganjar pun mengakui bila masih banyak pekerjaan rumah atau PR yang belum tuntas meski sudah dua periode atau 10 tahun menjabat. Permasalahan besar itu di antaranya adalah masalah kemiskinan, pendidikan, infrastruktur, dan penurunan angka stunting.

“Saya percaya beliau. Mudah-mudahan bisa berjalan lancar dan integritas tetap terjaga selama melayani masyarakat. Karena itu [integritas] adalau kunci. Dan beliau ini berpengalaman,” katanya.

Sementara itu, Pj Gubernur Jateng, Nana Sujdjana, mengaku akan menindaklanjuti dan meneruskan program-program yang saat ini tengah berjalan.

Nantinya, ia juga akan memetakan dan berkoordinasi lebih lanjut dengan tiap forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinmda) untuk menyelesaikan PR yang belum tertuntaskan.

“Beberapa kebijakan tadi, khususnya pengentasan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, akan kita tingkatkan untuk kesejahteraan dan keadilan. Kami akan koordinasi, memetakan, dan silaturahmi instansi terkait untuk memperkuat kebersamaan. Agar tercapai tujuan ke depan,” kata Nana.

Selain fokus menyelesaikan sejumlah PR yang tertinggal, Nana juga akan memberi antensi terhadap Pemilu 2024 di Jateng. Mengingat tahun ini sudah mulai nemasuki tahun-tahun politik.

“Ini [menyukseskan Pemilu 2024]. kami beserta Forkopimda akan memaksimalkan pelaksanaan pemilu dan pilkada agar berjalan baik. Utamanya menjaga stabilitas di Jateng. Tetap kondusif tanpa permasalahan. Persiapan akan kami matangkan,” akunya.

Sebelum pelaksanaan sertijab di Gedung Gradhika, Kota Semarang, Rabu (6/9/2023), Nana Sudjana sudah terlebih dahulu dilantik pada Selasa (5/9/2023) oleh Menteri Dalam Negeri (Kemendagri), Tito Karnavian di Jakarta.

Pada momen tersebut, Nana resmi menakhodai Jateng hingga terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur pada November 2024 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya