SOLOPOS.COM - Pintu masuk Migas Cepu Education and Recreational Park, Kabupaten Blora. (Istimewa/Instagram @bpsdm_esdm)

Solopos.com, BLORACepu merupakan wilayah yang dikenal dengan potensi sumber daya migas. Di daerah ini terdapat tempat asyik untuk liburan, yakni Migas Cepu Education and Recreational Park (MC Edupark).

Dilansir oleh laman website edupark.ppsdmmigas.id pada Kamis (24/8/2023), wisata yang diresmikan pada tahun 2020 ini semula merupakan lahan yang tergolong kritis.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Selanjutnya, lahan itu berhasil dimanfaatkan menjadi wisata rekreasi dan edukasi mengenai kemigasan kepada masyarakat. Tempat tersebut dikelola dengan baik oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) dalam rangka Badan Layanan Umum (BLU).

Dikutip dari www.esdm.go.id, Wakhid Hasyim yang pada saat itu menjabat sebagai Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas (PPSDM Migas) Cepu melalui sambutannya dalam soft opening Migas Cepu Edupark (MC Edupark) menyampaikan dengan adanya MC Edupark ini, masyarakat menjadi semakin teredukasi mengenai kemigasan, mulai dari sejarah hingga proses kerja migas.

MC Edupark mengusung konsep berkelanjutan dan edukatif yang terlihat dari berbagai wahana yang telah dibangun di tempat ini. Kehadiran migas park dan museum migas outdoor di MC Edupark memiliki nilai edukatif yang tinggi.

Tak hanya wisata edukasi, MC Edupark juga menawarkan mini zoo, kolam renang, kolam arus, waterboom, lapangan golf, hingga lapangan futsal indoor. Di wisata ini juga mengajak wisatawan untuk berinteraksi secara langsung dengan kelinci, kijang, hingga ikan.

Dengan luas lahan sekira 11.000 meter persegi, di setiap sudut MC Edupark cocok digunakan untuk menambah koleksi foto karena spot fotonya yang beragam. Jika perut mulai kosong, wisatawan bisa menikmati aneka kuliner yang tersedia di restoran MC Edupark.

Melalui sebuah transformasi, wisata edukasi yang berlokasi di Jalan Golf Nglajo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora ini telah membuktikan bahwa lahan kritis dapat diubah menjadi sesuatu yang luar biasa. Dari sekadar lahan yang terabaikan, kini MC Edupark telah berubah menjadi sebuah kompleks rekreasi dan edukasi yang menginspirasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya