SOLOPOS.COM - Suasana Pantai tirang di Semarang, Jawa Tengah, saat libur Lebaran 2023 ramai di kunjungi ratusan wisatawan. (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Pantai Tirang menjadi destinasi wisata favorit warga saat momen libur Lebaran 2023. Setiap hari ada ratusan wisatawan yang datang ke pantai yang berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan dari luar kota juga banyak yang berkunjung di pantai tersebut untuk menghabiskan waktu libur Lebaran.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Ratusan wisatawan terdiri dari anak-anak hingga dewasa terlihat asyik melakukan beragam kegiatan seru dan menarik di Pantai Tirang pada Sabtu (29/4/2023). Mereka ada yang bermain pasir, berenang, hingga naik perahu.

Terlihat beberapa wisatawan bermain pasir pantai dengan membawa alat seperti sekop mainan hingga ember. Anak-anak pun tampak aman saat bermain di bibir pantai bersama orang tuanya.

Ombak pantai yang tidak terlalu besar membuat pantai ini cocok menjadi destinasi wisata bersama keluarga.

Di sekitar Pantai Tirang juga terdapat banyak pohon mangrove yang menambah keindahan tempat wisata ini. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan terumbu karang yang hidup di areal pantai seluas 240,70 hektare. Keindahan pemandangan tersebut akan membuat liburan menjadi semakin menyenangkan dan berwarna.

Beberapa fasilitas seperti kamar mandi hingga musala juga tersedia di area ini. Selain itu, ada banyak warung dan gazebo serta penyewaan tikar di sekitar lokasi yang memudahkan wisatawan saat bermain di pantai. Pengunjung juga bisa berkeliling Pantai Tirang dengan naik perahu dengan hanya membayar Rp15.000.

“Iya, baru kali pertama ke sini [Pantai Tirang], kepincut [tertarik] karena lihat di sosmed [sosial media]. Setelah merasakan sendiri, kesanya bagus sih, cocok buat liburan bareng keluarga dan anak-anak,” kata Rita Fatmawati, 29, wisatawan asal Temanggung yang jauh-jauh datang ke Kota Semarang, Sabtu (29/4/2023).

Rita menilai, tak banyak wisata pantai di Kota Semarang yang menawarkan suasana bermain pasir pantai dengan ombak yang tak terlalu besar. Sehingga, Pantai Tirang menjadi destinasi wisata baru yang turut digemarinya untuk dikunjungi kembali saat akan berlibur bersama keluarga.

“Selain anak-anak bisa main pasir, ada wahana naik kapal juga, buat keliling pantai. Jadinya seru, asyik, menikmati sore dengan ombak yang enggak terlalu besar,” kata dia.

Senada, Andi Legowo, 43, juga baru kali pertama datang ke Pantai Tirang dan merasa cocok untuk dijadikan destinasi wisata bareng keluarga. Sebab, selain aman untuk anak-anak, waktu tempuh dan biaya yang dikeluarkan untuk masuk ke destinasi wisata Pantai Tirang juga ramah dikantong atau terjangkau.

“ Ke sini dalam rangka refreshing [liburan] bareng anak dan istri. Tertariknya karena katanya teman-teman, tempatnya bagus, cocok kalau untuk liburan keluarga. Dan ternyata memang bagus, terus deket,” kata wisatawan asal Kota Semarang itu.

Dari pusat Kota Semarang, Pantai Tirang ini hanya berjarak sekitar 13,3 kilometer atau bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit. Rutenya, cukup melewati Perumahan Graha Padma kemudian berjalan sampai ujung perumahan. Untuk biaya masuk ke pantai hanya Rp5.000 dan belum termasuk biaya parkir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya