SOLOPOS.COM - Kepadatan kendaraan pemudik di depan pintu gerbang tol Banyumanik, Selasa (18/4/2023). Jalan Tol Semarang-Batang mulai dipadati pemudik yang berasal dari Jakarta ataupun Jawa Barat. (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SEMARANGJalan Tol Batang-Semarang mulai dipadati pemudik yang berasal dari Jakarta ataupun Jawa Barat, Selasa (18/4/2023) siang. Pemudik mayoritas menggunakan mobil pribadi dan nyaris tidak ditemui truk pengangkutan.

Berdasarkan pantauan Tim Ekspedisi Mudik 2023 Solopos, kepadatan pemudik terjadi sejak pukul 11.00 WIB. Meskipun demikian, lalu lintas relatif masih lancar.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Kepadatan dan antrean mobil baru terlihat di depan gerbang tol Banyumanik. Dibutuhkan sekitar 10 menit antrean untuk melakukan pembayaran. Kecepatan yang ditempuh Tim Ekspedisi Mudik 2023 Solopos rata-rata hanya 40 km/jam hingga 80 km/jam karena ramainya kendaraan di jalan.

Ekspedisi Mudik 2023 adalah program kolaborasi Solopos Media Group dengan ASDP Indonesia Ferry, Pertamina Patra Niaga, PT KAI, Nasmoco, dan Oleh-oleh Khas Solo Era Jaya.

Kendaraan pribadi yang melintas di Jalan Tol Semarang-Batang didominasi mobil kendaraan dari arah Jakarta yang mengarah menuju Jawa Tengah. 

Kepala Wilayah III Jateng I PT Jasamarga Related Bussines, Dedy Hisar Siringo Ringo, kepada Tim Ekspedisi Mudik Solopos di Rest Area KM 379, Selasa (18/4/2023), mengatakan operasional one way saat mudik dipercepat dibandingkan jadwal.

“Awalnya one way itu baru akan dimulai pada pukul 14.00 WIB. Tapi dipercepat mulai pukul 12.00 WIB. Ini merupakan keputusan dari pihak Polri dan Jasa Marga karena melihat keran arus kendaraan dari Jalan Tol Cikampek,” ucapnya.

Sebagai informasi, jadwal pelaksanaan rekayasa lalu lintas mengacu pada Surat Keputusan Bersama Dirjen Perhubungan Darat, Kakorlantas Polri, dan Dirjen Bina Marga pada 5 April 2023 tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan selama masa arus mudik dan arus balik angkutan Lebaran 2023. 

Rekayasa lalu lintas dilakukan melalui sistem one way, contra flow, dan ganjil genap di jalan tol. Adapun, sistem one way akan diberlakukan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Gerbang Tol Kalikangkung mulai 18 April 2023 dari kilometer (KM) 72 sampai KM 414.

Ekspedisi Mudik 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya