SOLOPOS.COM - Sekda Kabupaten Semarang, Djarot Supriyoto (tiga kiri) saat membuka acara Kabupaten Semarang Expo (Kasmex) 2023. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Gelaran Kabupaten Semarang Expo (Kasmex) 2023 mengawali rangkaian perayaan HUT ke-502 Kabupaten Semarang. Kegiatan tersebut diinisiasi Forum Komunikasi Organiasi Masyarakat Bumi Serasi (Forkos) yang bekerja sama dengan Diskumperndag Kabupaten Semarang.

Ketua Forkos, Ali Imron, mengatakan event tersebut diadakan untuk mengangkat kembali UMKM dan potensi yang ada di Kabupaten Semarang. Hal itu sekaligus memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk lokal.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

“Nantinya akan ada sekitar 150 stan untuk UMKM dan potensi lainnya, seperti kuliner tradisional,” ujarnya Rabu (1/3/2023) malam.

Guna menarik pengunjung dari masyarakat luar, pihaknya juga akan mengundang beberapa artis dari Ibu Kota untuk meramaikan event tersebut. Nantinya, kegiatan Kasmex akan berlangsung dari tanggal 1 Maret hingga 9 Maret 2023.

Menariknya lagi, akan ada 25 stan yang menawarkan berbagai varian durian lokal dari Kabupaten Semarang. Diperkirakan ada ribuan durian yang akan jajakan di Alun-alun Bung Karno Kalirejo tersebut.

“Tentunya di Kabupaten Semarang banyak wilayah yang memiliki potensi durian, seperti di Tlogo Kecamatan Tuntang dan di Desa Brongkol Kecamatan Jambu,” ungkapnya.

Sekda Kabupaten Semarang, Djarot Supriyoto, saat membuka Kasmex 2023, mengatakan event tersebut memiliki dua substansi, yaitu sebagai ajang promosi dan ajang penjualan produk-produk lokal Kabupaten Semarang, terutama produk dari UMKM.

“Ini merupakan jawaban kami setelah dua tahun terdampak adanya Covid-19. Sehingga warga bisa meningkatkan perekonomiannya mereka kembali,” katanya.

Pemerintah daerah akan terus berupaya mengadakan event-event dalam rangka membangkitkan kembali perekonomian masyarakat. Terutama akan menghadirkan produk-produk, baik itu kerajinan maupun kuliner khas yang ada.

“Kami berharap stan-stan UMKM yang telah disediakan nantinya akan banyak dikunjungi para pengunjung. Sekaligus bisa memperkenalkan produk yang dijual,” tandas Djarot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya