SOLOPOS.COM - Umat Islam menjalankan ibadah umrah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Rabu (7/6/2023). (Antara/Wahyu Putro A)

Soloposcom, SEMARANG — Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), bersiap melayani penerbangan umrah langsung ke Arab Saudi. Penerbangan untuk jemaah umrah dari Bandara Ahmad Yani Semarang yang kali pertama itu rencana dilayani maskapai Lion Air.

Dalam siaran pers yang diterima Solopos.com dari Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, Jumat (14/7/2023), Lion Air segera meluncurkan penerbangan perdana umrah dari Jateng, langsung dari Semarang dan Solo. Penerbangan akan dilayani menggunakan pesawat-pesawat terbaru Lion Air seperti Boeing 737-9, Airbus 330-300, dan Airbus 330-900NEO.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

“Rencananya, penerbangan menuju Jeddah dan Madinah akan tersedia dari dua bandara di Jateng, yakni Ahmad Yani Semarang, untuk cakupan area Jawa Tengah bagian utara dan barat, dan Bandara Adi Soemarmo di Solo untuk Jawa Tengah bagian tengah, timur, dan selatan,” tulis keterangan resmi pihak Lion Air tersebut.

Dalam siaran pers tersebut juga disampaikan alasan Lion Air meluncurkan penerbangan umrah langsung dari Semarang dan Solo. Tujuannya, tak lain untuk memberikan berbagai keuntungan bagi masyarakat Jateng dan daerah lain di sekitarnya dalam menjalankan ibadah umrah dan perjalanan wisata ke Arab Saudi.

Selain itu, para jemaah umrah dan wisatawan juga tidak perlu lagi melakukan perjalanan tambahan ke Jakarta atau kota-kota lain sebelum menuju Arab Saudi. Hal ini tentunya akan menghemat waktu dan biaya perjalanan para jemaah umrah dari Jateng, yang jumlahnya tergolong besar setiap tahunnya.

“Pembukaan penerbangan umrah dari Semarang dan Solo akan menambah daftar kota yang sudah dilayani saat ini. Lion Air telah melayani penerbangan umrah dari 10 kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Surabaya, Makassar, Medan, Batam, Padang, Pekanbaru, Banda Aceh, Kertajati, dan Balikpapan,” imbuhnya.

Kendati demikian, dalam keterangan tertulisnya itu, pihak Lion Air tidak menyebutkan secara mulai kapan penerbangan umrah langsung dari Semarang maupun Solo akan diluncurkan. Saat ini, penerbangan internasional, seperti umrah ke Arab Saudi, belum bisa terlayani di Bandara Ahmad Yani Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya