SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca ekstrem berupa hujan disertai angin dan petir. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas tinggi disertai petir dan angin kencang diprakirakan melanda Jawa Tengah (Jateng) selama tiga hari ke depan, Sabtu-Senin (4-6/2/2023).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang menyatakan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terdapat potensi peningkatan pertumbuhan awan hujan dan cuaca signifikan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Jateng. Hal itu turut ditunjang dengan kemunculan fenomena Maden Jullian Oscillation (MJO) terpantau aktif di sisi barat wilayah Indonesia, gelombang Rossby Ekuator di Jawa bagian selatan dan konvergensi di wilayah Jateng yang didukung dengan kelembaban udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang labil.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

“Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir danangin kencang akan terjadi di Jateng untuk periode 4-6 Februari 2023,” tulis Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani, Sutikno, dalam keterangan resmi, Jumat (3/2/2023).

BMKG juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi. Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini dengan wilayah yang lebih terperinci dapat mengakses berbagai situs web BMKG maupun cuacajateng.com.

Berikut daerah Jateng yang dilanda cuaca ekstrem pada 4-6 Februari 2023:

  • 4 Februari 2023

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kab. Pekalongan, Kab./Kota Magelang, Purworejo, Kebumen, Salatiga, Kab./Kota Semarang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Surakarta, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Demak, Brebes, Kab./Kota Tegal, Pemalang, dan sekitarnya.

  • 5 Februari 2023

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Temanggung, Wonosobo, Kendal, Kab./Kota Magelang, Salatiga, Boyolali, Klaten, Kab. Semarang, Brebes, Kab./Kota Tegal, Blora, Pati, Jepara, dan sekitarnya.

  • 6 Februari 2023

Cilacap, Brebes, Kab./Kota Tegal, Pemalang, Batang, Kendal, Kab./Kota Magelang, Klaten, Boyolali, Sragen, Jepara dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya